Kamis, 27 Juni 2013

Siapa Pun Kandidatnya, Jokowi Pilihannya

Peneliti senior LIPI, Syamsuddin Haris menilai, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merupakan fenomena di  tengah penghakiman publik terhadap parpol. Masyarakat sudah mengenyampingkan identitas partai dan lebih memilih figur.
"Siapapun kandidatnya, Jokowi pilihannya," kata Syamsuddin.
Tetapi, di satu sisi Jokowi telah diberi mandat untuk memimpin Jakarta. Menurutnya, publik sebaiknya memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk memimpin Jakarta terlebih dahulu. Menunaikan janji-janji kampanyenya untuk membenahi Jakarta.

Survei LIPI dilakukan atas 1799 responden. Dengan margin of error 2.31 persen. Dan tingkat kepercayaan terhadap survei sebesar 95 persen.Jajak pendapat dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia, di semua wilayah tingkatan mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kelurahan dan pedesaan.
Survei dilakukan dengan teknik wawancara langsung dengan tatap muka. Dimana satu pewawancara mewawancarai 20 responden.Survei dengan metode multirandom sampling itu dilakukan pada wilayah perkotaan dan pedesaan dengan perbandingan 50:50. Responden laki-laki dan perempuan juga sama besarnya, 50 : 50.


Sumber :
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar