Selasa, 02 April 2013

Jokowi tak tahu ada jembatan reyot di Menteng

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mengetahui adanya jembatan rusak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jembatan tersebut membentang di atas sungai anak Kali Ciliwung, yang menghubungkan Kecamatan Menteng dan Senen.

"Saya enggak tahu. Itu di mana posisinya," kata Jokowi singkat, Selasa (2/4).

Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat ditemui di Balai Kota Jakarta mengatakan, jembatan reyot itu akan dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU). "PU yang akan ninjau, PU yang akan kerjain kok tahun ini," ujar Ahok.

Jembatan yang berada di pusat kota itu terbuat dari kayu-kayu bekas. Untuk fondasinya, hanya bermodalkan drum-drum yang mengapung di air. Panjang jembatan itu sekitar 70 meter.

Jembatan itu terdapat pegangan yang juga lapuk. Jika ingin menyeberang, warga harus menuruni enam anak tangga. Selanjutnya barulah dapat menyeberang, dengan kondisi jembatan bergoyang dan berbunyi. Butuh waktu sekitar 15 detik untuk berjalan dari ujung ke ujung.

Jembatan itu dibangun baru dua bulan. Jembatan ala Indiana Jones tersebut dibangun berdasarkan swadaya masyarakat. Hal itu karena jembatan yang dulu digunakan warga sedang direnovasi.

Meski jembatan kurang layak, warga sangat membutuhkannya untuk pergi beraktivitas. Dari ibu-ibu pergi ke pasar, pria pergi kerja atau pelajar yang bersekolah.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar