Rabu, 20 Maret 2013

Jokowi Segera Bikin Aturan Sumur Resapan

Gubernur Joko Widodo menyatakan bakal segera menerbitkan Peraturan Gubernur soal sumur resapan. Menurutnya, keberadaan sumur resapan itu bakal membantu menyediakan air tanah baku untuk warga Jakarta hingga puluhan tahun ke depan. "Jadi itu (sumur resapan) untuk menambah air tanah baku di Jakarta," katanya di Balaikota, Selasa, 19 Maret 2013.

Menurut Jokowi, keberadaan air tanah di ibukota saat ini sudah cukup kritis. Soalnya, banyak pembangunan gedung yang menyedot air tanah dalam jumlah besar. "Itu yang tidak diperhitungkan sebelumnya," kata dia.

Selain air tanah baku, Jokowi mengatakan keberadaan sumur resapan itu juga bakal membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta. Soalnya, hingga saat ini PDAM baru memenuhi 60 persen dari kebutuhan air di ibukota. "Kalau bisa 100 persen memenuhi kebutuhan, ya air tanah itu bakal jadi cadangan," kata dia.

Jokowi berjanji peraturan gubernur soal sumur resapan ini terbit akhir Maret ini. "Akhir bulan ini bakal terbit, sekarang masih dirancang," kata dia.

Nantinya, kata Jokowi, peraturan itu tersebut bakal mewajibkan gedung-gedung di Jakarta untuk memiliki sumur resapan. Jokowi menyatakan tiap gedung harus membuat sumur resapan. "Gedung yang sudah punya tetap harus membangun sumur resapan lagi," katanya.

Jokowi menyatakan bakal menindak tegas gedung-gedung yang nekat mengabaikan permintaannya tersebut. "Gedung itu (yang melanggar) bakal dicabut izin operasional gedungnya," kata Jokowi.


Sumber :
www.tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar