Kamis, 13 November 2014

Antara Jokowi dan PM Modi: Wong Cilik Man dan Common Man

Pertemuan antara Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Joko Widodo membawa cerita menarik tersendiri. Keduanya sama-sama berasal dari 'bawah' dan didukung mayoritas rakyatnya. Jokowi adalah sosok wong cilik, PM Modi adalah 'common man'.
Jokowi dan Modi bertemu di sela-sela KTT Asia Timur di Myanmar International Convention Center (MICC), Nay Pyi Taw, Kamis (13/11/2014). Keduanya sempat berbicara selama hampir 15 menit.
Di awal sambutannya, PM Modi mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden.
Dia menyebut banyak kesamaan dengan Jokowi, di antaranya sama-sama berasal dari masyarakat bawah yang kini menjadi pemimpin negara. Keduanya hampir memiliki kesamaan dalam mencapai tangga kekuasaan, yakni dengan dukungan mayoritas rakyat lewat pemilu yang demokratis.
Menanggapi hal tersebut, Jokowi mengatakan memang antara dirinya dan Modi memiliki kesamaan.
"Oh, hehe ya berangkat dari bawah. Modi juga selalu merakyat sama. Kalau mereka di India Modi disebut common man, kalau ini wong cilik men," kata Jokowi sambil menunjuk dirinya lalu tertawa. Hal tersebut disampaikan presiden usai pertemuan dengan Modi.
Sedikit catatan tentang Modi. Dia berasal dari kalangan keluarga miskin di India. Masa kecilnya dihabiskan di sebuah kawasan kumuh di kota bernama Vadnagar.
Anak ketiga dari 8 bersaudara itu lalu berjuang sendiri untuk hidupnya sejak kecil. Dia berhenti sekolah dan meninggalkan rumah. Sejak itu dia berbisnis lalu bergabung dengan partai.
Dalam pemilu lalu, Modi menang dengan suara telak. Kunci kesuksesannya adalah dia dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan mau mendengarkan suara rakyat. Hal yang sama seperti dilakukan Jokowi selama ini.
"Saya mendengar semua orang, ini salah satu kunci kesuksesan saya," ujar Modi kepada TV India.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar