Rabu, 23 Juli 2014

Ucapan Selamat untuk Jokowi (Dihimpun 23 Juli 2014)

Presiden Republik Rakyat Cina, Xi Jinping
Presiden Cina Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Joko Widodo sebagai presiden terpilih dalam pemilihan umum Indonesia sembari menyatakan keinginannya bekerjasama untuk meningkatkan hubungan Cina-Indonesia.
Dalam pesannya yang dikirim Rabu seperti dikutip Kantor Berita Xinhua, Xi percaya bahwa di bawah kepemimpinan Jokowi, sapaan Joko Widodo, Indonesia pasti akan membuat progres baru dalam pembangunan negara dan pembaruan nasional.
Xi mengatakan sebagai negara berkembang utama di Asia,  Cina dan Indonesia berbagi kepentingan bersama yang luas dalam tingkat bilateral, regional, dan multilateral.
Cina, lanjut Xi, telah memprioritaskan Indonesia dalam lingkungan diplomasinya dan memandang sebagai mitra yang dapat diandalkan.
Xi menilai ikatan kedua negara berada dalam waktu terbaik sepanjang sejarah dan kedua pihak tengah menghadapi peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pembangunan.
Xi juga berkeinginan untuk bekerjasama dengan Jokowi untuk menguatkan hubungan antara kedua negara dan masyarakatnya sehingga berkontribusi besar terhadap perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di wilayah dan di dunia.
Sementara, Kantor Berita Xinhua menyebut Joko, sebagai gubernur Jakarta Ibukota Indonesia, memenangkan pemilihan presiden pada 9 Juli dengan persentase suara 53,15 persen yang mengacu pada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 
Ketua PBNU, Said Aqil Siradj
Ketua PBNU Said Aqil Siradj mengucapkan selamat kepada Joko Widodo dan Jusuf Kalla atas terpilihnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2014-2019. Said menyampaikan ucapan selamat melalui akun twitternya.
"Mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wapres terpilih, Bpk. Ir.H. Joko Widodo dan Drs.H.M. Jusuf Kalla sebagaimana Keputusan KPU," tulis Said di twitternya pada Rabu (23/7/2014) sore.

Said juga menulis agar semua pihak menghormati keputusan KPU sesuai dengan Undang-undang dan menahan diri demi terus menjaga ketenangan dan ketenteraman masyarakat. Pria asal Cirebon ini pun mengingatkan bahwa dalam persaingan seperti Pilpres, menang-kalah adalah hal biasa.
"Presiden & Wapres terpilih adalah pemimpin nasional bagi seluruh warga negara, baik mereka yang memilih maupun mereka yang tidak memilih," salah satu pernyataan Said dalam postingannya.
Said meminta agar pihak yang menang tidak merasa sombong atas keberhasilannya. Sementara pihak yang kalah diminta agar tetap perlu menjaga keyakinan untuk terlibat dalam membangun kejayaan Indonesia.


Gitaris Guns 'N Roses, Ron "Bumblefoot" Thal
Tak terelakkan lagi, Jokowi cukup populer di kalangan musisi dunia. Gitaris Guns 'N Roses, Ron "Bumblefoot" Thal, mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden RI 2014-2019.
Melalui akun Twitter-nya, Bumblefoot berkicau, "Selamat Joko Widodo!! #Indonesia." Kicauan Bumblefoot itu lantas di teruskan melalui fitur Retweet oleh 605 pengguna Twitter dan menjadi favorit 110 orang.

Congratulations @jokowi_do2 ! ! #Indonesia
— Bumblefoot (@bumblefoot) July 22, 2014
Bumblefoot pada masa kampanye Pilpres 2014, juga memberikan dukungan kepada mantan wali kota Solo ini.
Bumblefoot tercatat pernah beberapa kali menyambangi Indonesia. Dalam konser Guns N' Roses yang digelar di MEIS Ancol, pada 16 Desember 2012, Bumblefoot sempat memainkan sepenggal lagu 'Indonesia Raya'.
Selain Bumblefoot, beberapa musisi internasional yang larut dalam sukacita kemenangan Jokowi adalah vokalis Lamb of God, Randy Blythe, dan band Anthrax.
Pemerintah Inggris
Pemerintah Inggris melalui Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond memberikan ucapan selamat kepada Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo setelah mendapatkan jumlah suara terbanyak pada pemilihan presiden 2014.

"Saya ucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2014 menyusul pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum kemarin," ujar Menlu Hammond dalam keterangan pers Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang diterima Rabu (23/7/2014).
Hammond juga mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas kesuksesan sebuah perhelatan demokrasi yang telah dilaksanakan


"Indonesia adalah mitra penting bagi Inggris, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia yang juga mitra dekat kami di G20," ujar Hammond.
Menurut Hammond, Indonesia dan Inggris berbagi nilai-nilai yang sama, sebagai negara yang demokratis dan beragam. Indonesia dan Inggris adalah mitra dagang yang erat dan hal ini tercermin melalui semakin meningkatnya hubungan kedua negara.

Pemerintah Inggris bekerjasama mempromosikan perdagangan, keamanan, mengatasi perubahan iklim dan sektor lainnya, hal ini akan terus berlanjut, tambah Hammond.
"Saya berharap dapat bekerjasama dengan Joko Widodo beserta pemerintahan yang dipimpinnya untuk terus membuat kemajuan di sektor-sektor penting tersebut dan semakin memperkuat hubungan antara Inggris dan Indonesia," tutur Philip Hammond.
Komisi Pemilihan Umum Pusat di Jakarta menetapkan pasangan kandidat Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2014-2019, dalam SK 536/Kpts/KPU/Tahun 2014.
KPU telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2014 nomor urut 2, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. Muhammad Jusuf Kalla dengan perolehan suara 70.997.833 atau 53,15 persen dari total suara sah.
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat pada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).


Presiden Amerika, Barrack Obama
Joko Widodo banjir ucapan selamat sejak ditetapkan sebagai Presiden RI ke-7 terpilih periode 2014-2019. Tak ketinggalan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama turut memberikan ucapan selamat atas keterpilihan Jokowi.
Jokowi mengaku ditelepon secara langsung oleh Obama setelah sebelumnya menerima panggilan telepon dari Perdana Menteri Singapura dan Perdana Menteri Australia.
"Tadi pagi ditelepon PM Singapura, terus PM Australia, dan pukul 11.00 tadi ditelepon Obama," ujar Jokowi di kantor Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (23/7/2014).

Bersama Obama, Jokowi mengaku ingin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika dan negara lainnya. Saat ditanya lebih jauh tentang pembicaraan mereka, Jokowi enggan menjabarkan.
"Kita ingin memperkuat lagi hubungan antara Indonesia-Amerika, Indonesia-Australia, Indonesia-Singapura, kira-kira itu," ungkap Jokowi
Sebelumnya, Jokowi mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah kepala negara pertama yang memberi ucapan selamat atas kemenangannya pasca penetapan KPU. "Pertama SBY, terus Boediono," jawabnya singkat.


Menteri Luar Negeri Jepang,  Hirofumi Nakasone
Setelah KPU (Komisi Pemilihan Umum) mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014. Sejumlah negara menyampaikan ucapan selamat, atas kemenangan Jokowi sebagai presiden, tak terkecuali negara Jepang.
"Pada  tanggal  22  Juli  2014,  Komite  Pemilihan  Umum  Indonesia  telah menyelesaikan rekapitulasi  penghitungan  perolehan  suara  pemilihan  presiden dan  mengumumkan  Bapak Joko Widodo sebagai pemenangnya," kata Menteri Luar Negeri Jepang,  Hirofumi Nakasone, dalam pesan elektroniknya, kepada Metrotvnews.com, Rabu (23/7/2014).

Pemerintah Jepang, lanjutnya, menyambut baik pemilihan presiden kali ini yang telah berlangsung dengan lancar. "Serta menyampaikan selamat atas terpilihnya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia periode mendatang," imbuhnya.
Bagi Jepang, Indonesia adalah sahabat yang tidak dapat tergantikan dan juga merupakan mitrastrategis yang sangat penting. Untuk lebih memperkuat hubungan persahabatan kedua negara kita. "Kami akan  membina  hubungan  kerjasama  yang  erat  dengan  pemerintahan  baru,sebagaimana telah kami lakukan dengan pemerintahan yang sekarang," tutupnya.
 

Uni Eropa, Jose Manuel Durao Barroso
Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Durao Barroso, mewakili komunitas 27 negara yang tergabung dalam Uni Eropa, Barroso mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui surat resmi yang dikirim ke media massa.
"Yang Terhormat Bapak Widodo. Atas nama Komisi Eropa dan saya sendiri, ijinkan saya menyampaikan selamat atas terpilihnya saudara sebagai Presiden Republik Indonesia sebagaimana telah dikonfirmasi oleh Komisi Pemilihan Umum," tulis Barroso.

Dia pun memuji besarnya keikutsertaan rakyat Indonesia dalam Pemilihan Presiden kali ini. "Tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, partisipasi masyarakat madani secara aktif dan pengelolaan secara profesional dari para penyelenggara pemilu menunjukkan kekuatan dan dinamisme demokrasi Indonesia," lanjut Barroso.
Dia juga mengingatkan bahwa Indonesia dan Uni Eropa merupakan mitra yang erat yang memiliki persamaan nilai-nilai, seperti demokrasi dan penghormatan terhadap toleransi dan hak-hak asasi manusia. "Kami berharap untuk bekerja dengan saudara untuk lebih memperkuat kerja sama kita di tahun-tahun mendatang. Terimalah, saudara, penghargaan kami yang setinggi-tingginya, José Manuel Durão Barroso," demikian akhir surat itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan telah memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta sekaligus pemenang pemilu presiden, Joko Widodo. "Kalau secara pribadi, saya sudah ucapkan selamat," katanya di Balai Kota, Rabu, 23 Juli 2014.
Basuki yang akrab dengan sapaan Ahok itu mengatakan ucapan selamat yang disampaikannya kepada Jokowi bersifat pribadi.
Sebab, partainya, Partai Gerakan Indonesia Raya, menolak hasil pemilu presiden. "Kalau secara partai, saya belum selamatin, nih. Kalau secara teman pribadi, saya kasih ucapan selamat jadi Pak Presiden," ujar Ahok. (Baca: Suara Jokowi Kalahkan Obama)
Menurut Ahok, Jokowi hanya menanggapi dengan senyum ketika dirinya memberikan ucapan selamat. "Dia senyum-senyum saja. Dia kan gitu orangnya," tuturnya.
Hari ini Jokowi kembali berkantor di Balai Kota DKI setelah sekitar 1,5 bulan cuti karena mengikuti tahapan pilpres. Presiden terpilih hasil pengumuman KPU itu pun langsung melakukan pertemuan dengan wakilnya untuk membahas sejumlah persoalan.

Ketua Majelis PPP, Barlianta Harahap
Ketua Majelis Pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barlianta Harahap mengaku partainya menerima keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan Jokowi-JK sebagai pemenang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Selasa (22/7/2014) malam.
"Partai menerima baik keputusan KPU tentang pelaksanaan dan hasil Pilpres," tegasnya ketika dihubungi tim Metro TV, Rabu (23/7/2014).
PPP yang tergabung dalam Koalisi Permanen Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta ini berbesar hati mengakui kemenangan Jokowi-JK.
"Selanjutnya mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. Jusuf Kalla," tutupnya.

Menlu AS John Kerry
Ucapan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla terus berdatangan dari negara-negara asing. Tak ketinggalan, Menteri Luar Negeri John Kerry juga menyampaikan selamat dan memuji pemilu di Indonesia yang berlangsung bebas dan adil.
Berikut isi pernyataan ucapan selamat yang disampaikan John Kerry seperti yang dirilis siaran pers Kedubes AS di Jakarta, Rabu (23/7/2014) :

Saya menyampaikan ucapan selamat kepada presiden Indonesia terpilih Joko Widodo.
Rakyat Indonesia kembali bersatu memperlihatkan komitmen mereka terhadap proses demokrasi melalui pemilu yang bebas dan adil.
Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, Amerika Serikat dan Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia. Kita memiliki banyak persamaan nilai, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia dan penegakan hukum. Kedua bangsa telah bekerja keras untuk membangun Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, yang telah memperkuat hubungan bilateral, sehingga bisa menghadapi tantangan bersama baik dalam tataran regional maupun global.
Amerika Serikat berharap dapat bekerjasama dengan presiden terpilih Joko Widodo untuk meningkatkan kemitraan kita, memajukan cita-cita global kita bersama, serta mengembangkan hubungan antar masyarakat kedua negara.
 
Menu Kanada, John Baird
Sambutan atas kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla berdatangan dari beberapa pemimpin dunia. Setelah Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat melalui jejaring sosial Twitter, Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird, juga tak mau ketinggalan.
John menuliskan ucapan selamatnya kepada Jokowi melalui akun Twitter miliknya, @HonJohnBaird.
Dalam pesannya, anggota parlemen mewakili daerah Ottawa West-Nepean itu berencana melawat ke Indonesia di masa mendatang.
"Warm congratulations to @jokowi_do2 on winning #Indonesia's democratic presidential election. I plan to visit there in the very near future. (Salam hangat dan selamat kepada @jokowi_do2 yang memenangkan pemilihan presiden demokratis Indonesia. Saya berencana mengunjungi Indonesia di masa mendatang)," tulis John seperti dikutip melalui akun Twitternya, Rabu (23/7/2017).
Sementara Lee juga menuliskan langsung ucapan selamat kepada Jokowi melalui akun Twitter miliknya, @leehsienloong. Ucapan itu disampaikan sebelum Komisi Pemilihan Umum mengumumkan pemenang pilpres 2014.
"Congratulations to @jokowi_do2. Look forward to working with him to strengthen Indonesia-Spore relations. LHL (Selamat kepada @jokowi_do2. Semoga bisa bekerja sama dengannya untuk mempererat hubungan Indonesia-Singapura)," tulis Lee seperti dikutip dari akun Twitternya.
Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono melalui akun Twitter @boediono juga mengucapkan selamat kepada Jokowi. Bahkan, dalam keterangan persnya, Boediono sudah menghubungi Jokowi dan Jusuf Kalla melalui telepon.
"Saya siap bekerjasama membantu Bapak @jokowi_do2 & Bapak @Pak_JK dalam persiapan perpindahan kewenangan Pemerintahan secara resmi Oktober 2014," tulis Boediono dalam akun Twitternya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar