Jumat, 27 Juni 2014

Ziarah ke Makam Bung Karno Bukan Ziarah Politik

Malam ini calon presiden (capres) Joko Widodo alias Jokowi akan berziarah ke makam Proklamator RI, Ir Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur (Jatim). Agenda itu merupakan bagian dari safari politiknya selama tiga hari di Jatim.
Meski begitu, Jokowi membantah kunjungannya itu berkaitan dengan pemilu presiden (pilpres). Capres nomor urut dua ini menegaskan, dirinya hanya ingin menunjukan rasa hormat kepada ayahanda dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu.
Ini kan ke Jawa Timur, kemudian rutenya memang kelewat. Ingat ya, Bung Karno proklamator, pahlawan kita dan jangan dibelokan ke mana-mana, kata Jokowi kepada wartawan di Bandara Abdurrahman Saleh, Malang, Jatim, Jumat (27/6/2014).
Menurut Jokowi, menghormati jasa para pahlawan merupakan bagian dari budaya Indonesia. Caranya pun bisa bermacam-macam mulai dari diskusi, haul ataupun ziarah kubur.
Karenanya, ia tidak terima jika ziarahnya dikait-kaitkan dengan politik. Apalagi kalau sampai dihubungkan dengan hal-hal mistis yang menyimpang dari ajaran agama Islam.
Ya ini cuma mendoakan gitu lho. Artinya kalau kita datang ke makam Bung Karno jangan dibelokkan kemana-mana, itu menghormati sejarah, mendoakan, ujar Gubernur DKI Jakarta nonaktif ini.  [dil/jpnn]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar