Jumat, 27 Juni 2014

Jokowi: Bung Karno Pahlawan, Jangan Dibelokkan

Calon presiden Joko Widodo meminta supaya tidak ada pihak yang membelokkan kepahlawanan Presiden Sukarno."Bung Karno itu proklamator, pahlawan kita. Jangan dibelokkan ke mana-mana," kata Jokowi pada wartawan di Bandara Abdur Rachman Saleh, Jumat (27/6/2014).
Malam ini rencananya ia akan mengunjungi makam Bung Karno. Pernyataan Jokowi itu tampaknya untuk menanggapi pernyataan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md yang menyatakan bahwa Sukarno juga pelanggar HAM.
Sebelumnya, saat peresmian kantor MMD Initiative di Bengkulu, Machfud meminta semua pihak saling memaafkan dan tidak mengungkit lagi masalah pelanggaran HAM yang terjadi saat Prabowo Subianto menjabat Komandan Jenderal Kopassus TNI AD pada 1998. Tim sukses pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa itu lantas mengatakan bahwa dua Presiden RI, yakni Sukarno dan Soeharto, juga bertanggung jawab atas pelanggaran HAM yang terjadi saat mereka menjabat. "Mari saling mamaafkan demi indonesia yang lebih baik," ujar Mahfud.Pernyataan Machfud itu mendapat respon keras dari berbagai kalangan.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar