Jumat, 27 Juni 2014

Jokowi Singgah di Masjid Besar Baitur Rohiem Rogojampi untuk Shalat Jumat

Masih dalam masa kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), kali ini calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga di Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Di wilayah Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jokowi menyapa warga yang tinggal di desa tersebut.
Dari dalam mobil, dia membagi-bagikan kaus gratis kepada seluruh warga. Sambil membagi-bagikan kaos yang berlukiskan wajahnya itu, dia juga menyempatkan diri untuk bersalaman dengan warga yang ramai mengerumuni mobilnya.Usai menyalami warga, dia pun berdiri pada pijakan yang terletak di bagian samping mobil sambil mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah yang kerap menjadi salam khasnya (salam dua jari). Aksi Jokowi tersebut pun mendapatkan sambutan dan antusiasme dari seluruh warga.
Beramai-ramai, mereka mengelu-elukan nama Jokowi sambil mengacungkan jari-jari yang sama, seperti yang dilakukan capres tersebut. Kegiatan bagi-bagi kaos di wilayah tersebut tak berlangsung lama. Setelah itu, rombongan langsung bertolak menuju Masjid Besar Baitur Rohiem Rogojampi untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat.
Jokowi sejatinya dijadwalkan salat Jumat berjamaah di Kabupaten Jember. Namun karena pesawat yang ditumpangi terlambat mendarat di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, akhirnya dia salat di masjid terdekat. Takmir sempat terkejut mengetahui Jokowi masuk ke masjid untuk shalat. Saat akan masuk ke sesi kutbah, si pembawa acara memberi kesempatan Jokowi untuk menyampaikan pidatonya.
Jokowi kemudian maju ke mimbar dan mengucapkan salam kepada jemaah. Tapi dia menolak untuk berpidato mengajak jamaah agar memilihnya pada pemilu 9 Juli 2014. "Karena ini masjid, saya tak boleh kampanye," kata Jokowi.
Sebelum menuju masjid, Jokowi menemui para pedagang Pasar Rogojampi. Sejak di pasar, Jokowi yang didampingi istrinya, Iriana, dikerumuni ribuan pedagang dan pengguna jalan. Massa berebutan bersalaman dengan Jokowi yang berada di atas mobil.  Banyak perempuan dan anak yang berhimpitan di tengah kerumunan massa.
Ribuan orang itu masih rela menunggu saat Jokowi salat Jumat. Begitu Jokowi turun dari masjid, massa  kembali menyerbu. Fenty Darmawati, salah satu orang yang ikut berdesakan mengatakan, dia mengidolakan Jokowi karena dinilai merakyat dan sederhana. "Alasannya, karena dia sederhana," kata Fenty.
Dia sendiri bertemu rombongan Jokowi secara tak sengaja ketika dalam perjalanan menuju kota Banyuwangi. Dia akhirnya rela berhenti dan menunggu agar bisa bertemu calon presiden tersebut.   [republika,tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar