Sabtu, 28 Juni 2014

Tawuran dan Lagu Selamat Ulang Tahun pada Kampanye Jokowi di Madiun

Ribuan pendukung calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo kompak meneriakkan yel-yel 'tawuran ndesoo' atau 'berkelahi itu kampungan' saat terjadi kerusuhan di kampanye gubernur non aktif DKI jakarta tersebut di Lapangan Rejomulyo, Madiun, Sabtu (28/6/2014).
Kejadian tawuran itu berawal dari adu mulut yang terjadi antara petugas keamanan dari panitia dan personel kepolisian. Penyebabnya, satgas keamanan protes karena rombongan media diperbolehkan menaiki panggung kampanye.
Namun sebelum polisi berhasil menjelaskan alasan media diberi akses ke panggung, adu mulut itu pun segera merembet ke adu fisik dengan cepat. Sehingga membuat tawuran di panggung pecah hingga ke bawah panggung.
Namun sebagian pengunjung kampanye yang terdiri dari anak muda dan ibu-ibu tak mau terpancing dengan tawuran tersebut. "Provokator-provokator," kata mereka.
Tapi perkelahian tak kunjung usai, hingga para pengunjung ini berteriak, "Tawuran ndesoo, tawuran ndesoo, tawuran ndesoo," kata mereka. Hingga perkelahian pun mereda.
Insiden sebelum kedatangan Jokowi ini membuat panggung utama nyaris ambruk.
Ini terjadi paska aksi nyaris ribut antar kedua pendukung Jokowi yang terjadi di atas panggung utama tersebut.
Beruntung, belasan simpatisan langsung berusaha masuk ke bawah panggung dan berusaha menaikkan panggung yang awalnya nyaris ambruk karena salah satu papan dan besi penyangganya agak turun dari posisi awalnya itu.
"Kami minta seluruh kru pers dan media yang naik panggung turun. Karena ada kesalahan teknis kami mohon maaf sebelumnya," kata Master Ceremony (MC) acara kampanye terbuka tersebut.
Sedangkan dibawah panggung, salah seorang kader PDIP Kota Madiun, Indah Raya Saputri sibuk mengajak sejumlah relawan dan pendukung Jokowi untuk memperbaiki panggung yang nyaris ambruk itu.
"Ayo teman-teman, ini masih kurang pas. Tolong diangkat sedikit agar panggung bisa aman," ucapnya.
Kendati terjadi sejumlah insiden itu, akan tetapi acara itu tetap berlangsung aman.
Sementara sejumlah inseden di atas, tak mempengaruhi acara kampanye terbuka itu.
Jokowi ini tiba pada pukul 10.15 WIB. Jokowi yang mengenakan kemeja kotak-kotak ini turun dari mobilnya kemudian menuju ke panggung besar yang ada ditengah lapangan. Sebelum Jokowi hadir, ribuan relawan telah berjoget dan bernyanyi. Ketika Jokowi tiba, relawan langsung mengubah lagu, yaitu lagu selamat ulang tahun. Jokowi yang menyaksikan hanya tersenyum saja.
Seperti diketahui, mantan Walikota Solo ini lahir pada 21 Juni 1961. Dengan begitu, kini Jokowi berumur 53 tahun.
Setelah dinyanyikan lagu selamat ulang tahun, Jokowi memulai orasi politiknya ditengah relawan dan warga yang hadir. Seperti biasa, materi kampanyenya tidak jauh dari isu kampanye hitam. [tempo,tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar