Jumat, 15 November 2013

Sebelum Pindah ke Jakarta, Jokowi Berniat Kembangkan Wisata Bunker

Mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Joko Widodo (Jokowi) sebelum terpilih menjadi Gubenur DKI Jakarta, berniat mengembangkan wisata bunker di Kota Solo. Niat tersebut didorong karena Kota Solo ternyata memiliki banyak sekali bangunan yang didirikan di bawah tanah.
Harun Muryadi (64), warga Jalan Tiga Negeri, RT 002/RW 002, Setono, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, adalah salah seorang pemilik bunker tersebut.
Dia mengatakan bahwa niat mengembangkan wisata bunker tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi saat mengunjungi bunker miliknya.
"Pak Jokowi itu kan dulu sewaktu sebelum jadi Gubenur kalau pagi sering sekali naik sepeda onthel datang ke Laweyan sini. Sewaktu melihat langsung bangunan bunker, Pak Jokowi langsung memiliki gagasan kenapa bunker-bunker ini tidak dikembangkan jadi wisata bunker saja," kata Harun kepada Okezone di kediamannya di Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2013).
Bahkan, ungkap Harun, Jokowi turun langsung ke dalam bunker miliknya. Dan saat meninjau langsung ke dalam bunker itulah, mantan orang nomor satu di Kota Solo ini mengetahui keberadaan jalan tembus yang saling menghubungkan bunker miliknya yang paling tertua dengan bunker lainnya di Kota Solo.
"Pak Jokowi kaget saat mengetahui banyak bunker di Laweyan. Saat itulah Pak Jokowi langsung menginstruksikan agar dilakukan penelitian untuk mengetahui arah bunker tersebut agar bisa dipergunakan sebagai wisata bunker," imbuhnya.
Namun, niat mengembangkan wisata bunker tersebut gagal diwujudkan seiring terpilihnya Jokowi sebagai Gubenur DKI Jakarta. Harun berharap agar rencana menjadikan bunker sebagai wisata baru di Kota Solo bisa diteruskan oleh Kementerian Kebudayaan.
Menurut Harun, selain sering dikunjungi wisatawan asing asal Amerika dan Belanda, bunker miliknya pernah hendak dipergunakan sebagai lokasi syuting artis Marcella Zalianty.

Sumber :
okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar