Selasa, 26 November 2013

Jokowi Sebut Industri Otomotif Cuma Tambah Polusi Jakarta

Kenaikan UMP di DKI Jakarta mengakibatkan sejumlah industri pindah keluar ibu kota, salah satunya adalah perusahaan otomotif Astra. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa waktu lalu mengatakan, Astra akan memindahkan industrinya dari Jakarta ke Karawang secara bertahap hingga 2023.
Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menilai, perpindahan tersebut bukan dikarenakan kenaikan UMP. Menurut Jokowi, pindahnya sejumlah industri tersebut dikarenakan persaingan bisnis.
"Iya sudah saya sampaikan berapa kali. Kalau dunia usaha, dunia bisnis dirasa di sini kalkulasi sudah tidak menguntungkan pastikan pindah ke tempat yang menguntungkan. Biasa itu," ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa (26/11/2013).
Jokowi mengatakan industri seperti perusahaan otomotif Astra hanya memperbanyak polusi di Jakarta.
"Kalau di Jakarta ini kita masih main di industri-industri yang padat kaya polusi. Saya rasa itu enggak apa-apa kalau mau pindah," kata Jokowi.
"Kenaikan apa, kenaikan (UMP) cuma 6 persen," tandas Jokowi
Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI) telah menetapkan pada 1 November 2013 kenaikan UMP menjadi Rp 2.441.000,- Jumlah itu naik sekitar 6 persen dari upah sebelumnya yaitu Rp 2.216.243,68.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar