Selasa, 26 November 2013

Jokowi: Jangan Hanya Keruk Sungai Perlu Terobosan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah daerah harus segera mengambil terobosan untuk menuntaskan persoalan banjir di ibu kota.
Hal itu disampaikan Jokowi, dalam acara "Konsultasi dan Diskusi Publik Masalah Banjir, Genangan, ROB, Penurunan Muka Tanah dan Degradasi Lingkungan Pesisir Ibukota NKRI", di Kampus UI Depok, Selasa (26/11/2013).
Menurut Jokowi, saat ini rutinitas menyelesaikan masalah di Jakarta masih monoton dan tidak berani melakukan terobosan besar, sehingga diyakininya ini persoalan tidak akan selesai-selesai.
"Oleh karena itu, saya ajak terutama Fakultas Teknik UI dan hadirin, perlu sebuah terobosan. Mengenai anggaran, ada Pak Menko Perekonomian, sekarang ada saya, terobosan itu perlu. Jangan hanya tiap tahun keruk sungai. Kalau ada terobosan, masalah DKI akan selesai, baik sampah rob dan lain-lain," kata Jokowi.
Ia melanjutkan, memang national capital intergreted coastal development (NCICD) ini sebagai terobosan, kemudian deep tunnel juga, namun masih perlu pengkajian lagi. "Ada dampak lingkungannya. Ini masih perlu dihitung dan kalkulasi," kata Jokowi.
Menurut Jokowi, itu merupakan masalah bersama. Kalau memang yang dikerjakan hanya mengeruk dinilainya tentu tidak akan menyelesaikan masalah.
"Saya kira persoalan ini besar yang perlu kita hadapai dengan gagasan dan pemikiran yang besar," jelasnya lagi.
Untuk itu, tindakan dan terobosan ini harus segera dimulai dari sekarang. Tidak perlu lagi berpikir panjang, rumit dan ribet.
"Kita ini sudah berpuluh tahun kehilangan waktu, kalau saya biasanya hitung-hitungan masuk langsung saya putuskan," kata Jokowi.

Sumber :
inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar