Selasa, 26 November 2013

Jokowi Akan Bangun Kota Baru

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan membangun kota baru di pesisir Jakarta dengan mengembangkan pembangunan tanggul raksasa (Giant Sea Wall). Kota baru ini dilengkapi dengan aneka fasilitas seperti pelabuhan terpadu dan pusat bisnis lainnya.
“Tidak hanya sebagai penahan banjir rob, tapi tanggul dijadikan sebagi kota terpadu atau National Integrated Coastal Development (NCICD),” kata Jokowi, usai diskusi bersama Menko Perekonomian, Hatta Radjasa, di UI Depok, Selasa (26/11/2013).
Menurut Jokowi, hal tersebut dilakukan untuk menjadikan Jakarta sejajar kota besar lainnya.
Dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi Jakarta, Jokowi mengatakan harus dilakukan secara terintegrasi, baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sekitar ibukota.
“Jadi harus ada campur tangan dari pemerintah pusat untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan di Jakarta. Seperti gagasan besar pembangunan tanggul laut raksasa ini memang harus dikerjakan bersama antara pusat dan daerah. Kalau kerja secara parsial, ya pembangunannya tidak akan selesai,” kata Jokowi.
Tanggul tersebut akan membujur dari kawasan Pluit sampai ke Marunda. “Keberadaan tanggul laut raksasa tidak lagi berskala regional, melainkan sudah menjadi skala nasional,” ucapnya.

Hatta Dukung Jokowi
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan perubahan rencana pembangunan Giant Sea Wall merupakan langkah untuk mengatasi permasalahan banjir di Jakarta dengan melibatkan daerah di sekitar Jakarta.
Karena itu namanya diubah menjadi NCICD. Dalam pelaksanaan pembangunan tanggul laut raksasa ini, akan melibatkan daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).
Proyek NCICD juga diharapkan dapat menyediakan air baku di Ibukota. Dengan demikian seluruh aliran air yang menuju Jakarta, terutama dari 13 sungai dapat dijaga dari hulu hingga ke hilir. “Kami mendukung program ini dapat terus berjalan dan terwujud dengan segera. Tetapi ujung tombaknya ada di pemerintah daerah,” tandasnya.

Sumber :
Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar