Kamis, 26 September 2013

Waduk Ria Rio Dalam Benah Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan membangun fasilitas ampli teater dan gedung opera di sekitar Waduk Ria Rio. Dengan begitu, Waduk Ria Rio akan menjadi tempat rekreasi gratis bagi warga. "Selain menampung air, bisa dipakai untuk seni pertunjukan dan budaya," kata Jokowi di Waduk Ria Rio, Pedongkelan, Jakarta Timur, Kamis (26/9/2013).
Fasilitas lain nantinya adalah Wi-Fi gratis. "Tapi tunggu 1,5 tahun lagi untuk gedungnya, yang penting waduk dan taman bisa segera dinikmati."
Pemerintah DKI Jakarta terus mengebut proses penataan Waduk Ria Rio di Jakarta Timur. Pengerjaannya yang dimulai enam bulan lalu itu kini setidaknya sudah memperlihatkan adanya waduk sekitar 1 hektare. Dulu, waduk seluas 9 hektare tersebut tertutup eceng gondok.
Jokowi Kamis pagi ini menanam pohon secara simbolis, sebagai tanda peresmian penghijauan di Taman Waduk Ria Rio. Jokowi mengatakan, pengerjaan waduk dan taman baru akan kelihatan hasilnya pada Desember 2013.
Proses pengerukan waduk terus dilakukan siang dan malam untuk mengantisipasi datangnya musim hujan. "Ya, kejar-kejaran sama hujan, kan tiga bulan lagi (datangnya musim hujan)," ujarnya. Secara keseluruhan, Taman Waduk Ria Rio memiliki luas 25,8 hektare. Nantinya, kata Jokowi, selain sebagai penampung air hujan, waduk akan dibuatkan treatment plan agar airnya bisa dikonsumsi.
"Jadi ada dua tempat, waduk yang bening dan sebelah baratnya waduk kotor, yang bening itu nanti biar dikelola untuk air minum," kata Jokowi.

Sumber :
tempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar