Kamis, 26 September 2013

Jokowi Resmikan Penghijauan Waduk Ria Rio

Pagi ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penghijauan Waduk Ria Rio, Jakarta, Jokowi datang sekitar pukul 08:06, Kamis (26/9/2013).
Acara ditandai dengan penanaman pohon Baubab di sisi selatan Waduk Ria Rio. Pohon-pohon tersebut berasal dari anak perusahaan PT Jakpro, PT Pulomas.
Kader terbaik partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini datang, mengenakan sergam blusukan kebanggaanya yaitu kemeja putih perpaduan celana hitam.
Tepat pukul 08.15 WIB, Jokowi meresmikan penanaman pohon sebagai penghijauan.
"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pembangunan Waduk Ria Rio dimulai," kata  Jokowi saat melakukan penanaman pohon di sisi selatan berbentuk bukit Waduk Ria Rio.
Ada sekitar 100 pohon yang rencananya ditaman di sisi selatan waduk. Untuk anggaran mempercantik waduk, PT Jakpro menghabiskan sekitar Rp 2 miliar.
Jenis pohon yang ditanam oleh Jokowi adalah baubab, yaitu pohon endemik Afrika. Pohon tersebut dibeli di Bogor, Jawa Barat.
Sebelumnya, Jokowi mengatakan pertama kali datang ke Ria Rio, tidak keliatan waduknya.
"Tidak tahu ini waduk, tetapi enam bulan kemudian setelah kita lihat sekarang bahwa ini waduk, meskipun ini belum selesai," kata Jokowi.
Jokowi mengaku penataan ulang waduk sudah berjalan 10 persen. Progres ini dinilai belum mencapai tahapan yang diinginkan.
"Tamannya dapat dinikmati seluruh warga Jakarta, rekreasi gratis, bisa dipakai untuk renang, bisa untuk menampung air musim penghujan datang, seni pertunjukan, seni budaya ada teater, gedung untuk opera dan fungsi-fungsi yang lain," kata Jokowi.
Luas waduk ada sekitar sembilan hektar, sedangkan ditambah taman ada sekitar 25,7 hektare.
"Bahwa waduk ini tahun 70-an bening dan dasar kelihatan. Nanti kalau sudah selesai mau diminum juga bisa, mau renang juga bisa," kata Jokowi.
Pantauan di lokasi, sebelah barat waduk airnya masih kotor, di sisi selatan ada taman ditambah fasilitas umum seperti ampiteater. Di sisi selatan, warga dapat menikmati internet berwifi gratis.
"Sebelah utara timur taman, tapi ada tambahan gedung opera di sebelah timur danau. Semua gratis, tapi nonton opera ya bayar," kata Jokowi.

Sumber :
Metroi TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar