Senin, 16 September 2013

Jokowi Bawa Gaya Membangun Dari Solo

Pembangunan Di Jakarta yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menurut Yayat Supriatna, Pengamat Perkotaan, merupakan gaya yang ia terapkan dulu di Solo.
"Setiap orang bertindak dan berbuat itu pasti ada sejarah atau habitusnya, jadi apa yang Pak Jokowi bawa ke Jakarta ini memang apa yang sudah dulu ia terapkan Di Solo," terangnya saat menghadiri diskusi media di Restoran Pulau Dua Jakarta, Senin (16/9/2013).

Dalam merombak Ibukota, Yayat menilai Jokowi sudah menggunakan langkah revitalisasi yang tepat. "Ada tiga langkah dalam sebuah proses revitalisasi. Yaitu dengan melakukan intervensi fisik, rehabilitasi ekonomi, dan revitalisasi sosial," paparnya.
Menurutnya, Jakarta saat ini sedang memasuki revitalisasi awal berupa intervensi fisik di berbagai tempat.
Ia berkata, dalam melakukan intervensi fisik pendekatan dialog yang Jokowi gunakan di Solo dibawanya ke Jakarta dan mampu menggantikan pendekatan proyek yang selama ini kita kenal.
"Banyaknya tempat yang selama ini berhasil direvitalisasi oleh Jokowi ya karena pendekatan ini," ungkap salah satu dosen Trisakti ini.
Dinilainya konsep pembangunan sosial yang Jokowi lakukan di Solo sejauh ini berhasil ia terapkan di Jakarta. Inti dari konsep ini adalah inklusi sosial, yaitu memberi kesempatan bagi semua warga masyarakat untuk memperoleh hak dan kebutuhan yang paling mendasar seperti kebutuhan fisik, status sosial, kekuasaan serta hak-hak dasar sebagai manusia.
"Jokowi berhasil mengangkat harkat dan martabat warga masyarakatnya yang terkena terkena efek revitalisasi," tegas Yayat dalam diskusinya. Menurutnya, hal itu sudah berkali-kali ia lakukan di Solo sehingga ia sangat dicintai oleh warganya saat itu.
"Sekarang setelah melakukan intervensi fisik kita harus tunggu bagaimana langkah Pemda DKI untuk ikut merehabilitasi ekonomi dan kehidupan sosial daerah tersebut," cetusnya di akhir diskusi tersebut.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar