Rabu, 21 Agustus 2013

Jokowi Dicoret dari Daftar Usulan Peserta Konvensi Demokrat

Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dicoret dalam daftar usulan peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat setelah menyiratkan penolakan di media. Demikian disampaikan anggota Komite Konvensi Partai Demokrat, Rully Charis, saat dihubungi Rabu (21/8/2013).
"Pak Jokowi tentu tidak perlu lagi ditanya karena sudah menjawab tegas di media tidak akan ikut. Sisanya (calon lain), kami beri waktu hingga besok malam," ujar Rully.
Sebelumnya, nama Jokowi masuk dalam usulan nama yang diajukan komite konvensi. Jokowi dianggap sosok yang tepat karena memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi dan termasuk berprestasi. Namun, Jokowi menolak permintaan komite konvensi itu.
Usai menghadiri acara pidato kenegaraan pada 16 Agustus lalu, Jokowi mengaku belum menerima undangan konvensi Demokrat. Ia pun memastikan dirinya tidak akan loncat ke partai lain.
"Saya itu kader PDI Perjuangan. Titik. Itu jawaban saya," imbuh Jokowi.
Sebelumnya, Komite Konvensi sudah menerima 11 nama dari Majelis Tinggi Partai Demokrat. Politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, membeberkan sembilan nama di antaranya, yakni Marzuki Alie, Irman Gusman, Gita Wirjawan, Mahfud MD, Dahlan Iskan, Endriartono Sutarto, Djoko Santoso, Chairul Tanjung, dan Pramono Edhie Wibowo.
Selain itu, komite juga sudah memilih 15 nama tambahan yang diundang ikut dalam konvensi. Beberapa di antaranya ialah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, dan Ketua Umum ICMI Marwah Daud Ibrahim.
Dari nama-nama itu, akhirnya terjaring 20 orang yang menyatakan kesediaannya kepada komite konvensi. Seluruh kandidat ini akan ditelusuri jejak rekamnya pada rapat pleno komite konvensi Partai Demokrat yang akan dilakukan Rabu malam ini. Peserta konvensi akan ditetapkan pada tanggal 31 Agustus dan kemudian diumumkan secara resmi pada 15 September 2013.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar