Kamis, 20 Juni 2013

Jokowi Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

Dalam rangka menyambut hari jadi ke-486 DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2013) pagi.
Jokowi tiba di Makam Pahlawan Kalibata sekitar 08.00 WIB. Seusai berbincang sejenak dengan Kepala Staf Garnisun I Brigjen TNI Toto Rinanto, Jokowi lalu beranjak ke lapangan memimpin upacara ziarah.
Upacara ziarah itu sendiri dilaksanakan di tengah cuaca terik. Meski demikian, peserta upacara yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah tampak khidmat mengikuti tiap prosesi, yakni penghormatan kepada arwah para pejuang, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga.
Hingga pukul 08.20 WIB, proses ziarah tersebut masih berlangsung. Mantan Wali Kota Surakarta itu tampak berkeliling ke makam para pejuang.
Di makam-makam tersebut, Jokowi melakukan tabur bunga serta membacakan doa. Rencananya, seusai ziarah ke TMP Kalibata, Gubernur akan melakukan ziarah ke beberapa tempat pemakaman umum lainnya, antara lain TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Sumber :
kompas.com



Detik.com : Jokowi Ajak Anak Buahnya Nyekar ke TMP Kalibata

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pagi ini mengajak segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ziarah ke taman makam pahlawan Kalibata. Turut serta dalam rombongan ketua DPRD DKI, Ferial Sofyan.
Rombongan yang dipimpin langsung oleh Jokowi tiba di TMP Kalibata pukul 08.00 WIB. Di dekat makam almarhum Taufik Kiemas pria asal Solo itu memimpin hening cipta. Suasana sempat menjadi hening beberapa saat karena semua rombongan khusyuk berdoa.
"Untuk mengenang jasa pahlawan, hening cipta mulai," ucap Jokowi di TMP Kalibata, Jl Pahlawan, Jakarta, Kamis (20/6/2013).
Setelah megheningkan cipta, rombongan langsung menaburkan bunga ke beberapa makam. Adapun Makam yang dihampiri ialah makam mendiang Suwiryo anggota DPA, Taufik Kiemas, mantan Wakil Gubernur DKI Djailani dan Mantan Gubernur DKI Sudiro Hadijodisastro. Di beberapa makam itu rombongan juga meletakkan karangan bunga.
Hanya sejenak saja Jokowi dan rombongan ziarah di TMP Kalibata. Sekitar pukul 08.30 WIB Jokowi beranjak untuk kembali ke Balaikota.

Detik.com : Di TMP Kalibata, Jokowi Juga Nyekar di Makam Taufiq Kiemas

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) disertai anak buahnya pagi ini, Kamis (20/6/2013) berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Jokowi mengatakan kegiatan ini dalam rangka merayakan HUT ke-486 Jakarta sekaligus mengenang para tokoh pendiri pemerintah DKI.
"Dalam rangka ulang tahun DKI ke-486 karena selain di sini (ada) para pahlawan, juga pendiri-pendiri pemerintah DKI, gubernur DKI, walikota banyak yang dimakamkan di Kalibata juga. Untuk khususnya beliau-beliau para mantan gubernur dan walikota DKI," ujar Jokowi di TMP Kalibata, Jl Pahlawan, Jakarta Selatan.
Di kesempatan itu, Jokowi dan rombongan juga menyempatkan diri untuk mengheningkan cipta di makam Taufiq Kiemas. "Beliau kan juga seperti sesepuh dan bapak saya sendiri," kata mantan Wali Kota Solo ini.
Rombongan Jokowi tak berlama-lama berada di TMP Kalibata. Mereka tiba pukul 08.00 WIB dan meninggalkan lokasi pada pukul 08.30 WIB.
Beberapa makam yang dihampiri ialah makam mendiang Suwiryo anggota DPA, Taufiq Kiemas, mantan Wakil Gubernur DKI Djailani dan Mantan Gubernur DKI Sudiro Hadijodisastro. Selain berdoa, rombongan Jokowi juga meletakkan karangan bunga di pusara-pusara itu.
Acara tabur bunga ini membuat lalu lintas tersendat cukup panjang. Sejumlah polisi dan petugas Dishub mengatur arus kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar