Senin, 06 Mei 2013

Jokowi Bisa Jadi Contoh Jika Laporkan Gitar Bass Metallica ke KPK

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mendapat hadiah istimewa berupa gitar bass dari grup band rock favoritnya, Metallica. Jika Jokowi segera melaporkan pemberian tersebut kepada Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK), maka Jokowi bisa menjadi tauladan yang baik bagi pejabat publik lainnya.
"Sebetulnya soal pemberian itu kan tidak seberapa, dan kalau dikaitkan dengan suap juga agak terlalu jauh. Tapi jika Pak Jokowi melaporkan itu, maka menjadi sebuah standar pejabat publik, dan itu perlu dicontoh," ujar salah satu koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko saat berbincang dengan detikcom, Senin (6/5/2013).
Menurut Danang, pemberian tersebut menjadi penting untuk dilaporkan ke KPK, sebab Jokowi merupakan pejabat publik. Di dalam undang-undang, setiap pejabat atau penyelenggara negara tidak boleh menerima hadiah apapun terkait jabatannya.
"Saya kira ini bisa menjadi penting jika Pak Jokowi lapor ke KPK. Artinya ini bisa menjadi contoh buat pejabat lainnya," kata Danang.
Sementara itu, koordinator ICW lainnya, Emerson mengatakan, jika sudah dilaporkan, maka KPK nanti yang akan menentukan apakah barang tersebut bisa diterima Jokowi atau menjadi hak milik negara.
"Jadi itu memang perlu disampaikan ke KPK. Harus segera dilaporkan ke KPK. Nanti di cek, kalau tidak ada kaitan pasti akan dikembalikan, karena barang itu bisa bernilai," kata Emerson.
Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mendapat kado istimewa, sebuah gitar bass dari salah seorang personel grup band rock Metallica, Robert Trujillo. Jokowi pun diminta untuk segera melaporkan pemberian tersebut kepada KPK.
Gitar bass tersebut bermerek Ibanez warna merah marun yang diberikan Trujillo melalui rekan Jokowi yang juga seorang promotor acara musik, Jonathan Liu. Gitar tersebut juga telah diperlihatkan Jokowi kepada publik pada Jumat (3/5) lalu di gedung Balaikota DKI.


Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar