Rabu, 08 Mei 2013

Ini Alasan Jokowi Doyan Ngebir Pletok

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan minuman Bir Pletok. Apa alasan pria asli Solo ini menggemari minuman asli Betawi tersebut?
"Bir pletok ini pedes dan anget. Di badan dan di perut jadi hangat apalagi kalau diminum malam, anget banget," ujar Jokowi saat menghadiri peringatan HUT Persatuan Wanita Betawi ke-29 di Gelanggang Olah Raga Tanjung Duren Utara, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (8/5/2013).
Di dala acara tersebut, Jokowi sempat mencicipi bir pletok yang disuguhkan oleh kelompok perempuan Betawi tersebut.
Jokowi menjelaskan, bir Pletok merupakan campuran dari bahan-bahan alami yang untuk tubuh. Apalagi minuman ini tidak memabukkan seperti bir yang sesungguhnya.
"Bir ini tidak memabukkan juga, ini baik karena merupakan campuran yang pas," kata pria asal Solo ini.
Bahkan, Jokowi pun mengatakan akan melestarikan minuman bir pletok tersebut dan menjadikannya sebagai brand khas Jakarta.
"Ini sebuah produk asli Betawi harus diangkat sebagai brand yang punya citra dan brand," kata Jokowi.
Sebelumnya, Jokowi sudah pernah mencicipi minuman khas Betawi tersebut pada saat berkunjung ke Kampung Betawi, Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan pada November 2012 lalu. Saat itu Jokowi minum bir pletok sambil berdikusi soal rencana pengembangan wisata di kawasan setu Babakan.
Sedikit tentang bir pletok, minuman ini dibuat dari aneka rempah-rempahan. Meski namanya bir, tetapi tidak mengandung alkohol. Bir pletok punya banyak khasiat, salah satunya sebagai pelancar peredaran darah dan penghangat badan.


Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar