Rabu, 08 Mei 2013

Pejabat Harus Contoh Jokowi dan Risma

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti mengapresiasi langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melaporkan hadiah gitar bas dari personel Metallica. Meski harga gitar tidak besar, langkah Jokowi ini patut dicontoh.
Tidak hanya Jokowi, Ray juga mencontohkan langkah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga melaporkan puluhan hadiah yang ia terima kepada KPK. Menurutnya, pejabat seperti Jokowi dan Risma sudah langka di negeri ini.
"Apa yang dilakukan oleh keduanya memang tidak umum yang berkembang di kalangan pejabat kita. Mereka mau mengembalikan," kata Ray kepada merdeka.com, Selasa (8/5).
Ray mengatakan, melaporkan suatu hadiah bukan perkara nominalnya. Tapi di sini ada pelajaran soal kejujuran.
"Soal kejujuran kembali ke individu masing-masing. Nah, Jokowi dan Risma ini telah memberikan contoh yang baik," katanya.
Dua hari lalu, Jokowi telah mengembalikan hadiah gitar bas pemberian dari personel Metallica, Robert Trujillo. Khawatir tersangkut gratifikasi, Jokowi melaporkan gitar itu ke KPK.
Gitar itu akan diperiksa oleh tim KPK apakah pemberian itu mengandung sarat kepentingan atau tidak. Sebab, Jokowi adalah sebagai penyelenggara negara.
Sama halnya Jokowi. Risma pekan lalu juga melaporkan barang-barang suvenir pemberian orang lain selama ia menjabat sebagai wali kota. Barang-barang yang dilaporkan adalah Jam mewah, bolpoin bermerek, kotak perhiasan, kain songket dan mesin jahit.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar