Kamis, 09 Mei 2013

Cihuy, Jokowi Bakal Bangun Kampung Deret di Petogogan

Setelah meresmikan pembangunan kampung deret di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan untuk kembali membangun hal serupa di wilayah Petogogan, Jakarta Selatan.
Namun, sebelum dirinya memulai pembangunan, Jokowi ingin menijau langsung lokasinya terlebih dahulu. "Mau saya cek lapangan dulu, ini dalam pertengahan bulan ini mulai," ujar Jokowi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).
Kendati belum meninjau lapangan, mantan Wali Kota Solo itu menjamin pihaknya telah menyiapkan lahan untuk kampung deret tersebut. "Lahan siap, masyarakat siap, gambar-gambarnya juga sudah siap," terangnya.
Karena itu, orang nomor satu di Jakarta itu berencana untuk melakukan dengar pendapat dengan warga. "Gambar disetujui warga, tinggal komunikasi, dialog, dan musyawarah warga," tandasnya.
Untuk sumber dananya sendiri, orang nomor satu di Jakarta itu menjelaskan seluruh pembangunan akan dibiayai dengan APBD. "APBD semuanya. Lupa berapanya. Ada ratusan rumah yang ditata. Jadi, ini pembangunan kampung deret kedua, dengan dana APBD pertama," kata Jokowi.
Berbeda dengan Tanah Tinggi yang ditata setelah terjadi kebakaran, kawasan Petogogan adalah kawasan kumuh yang memang telah didata untuk dilakukan penataan.
"Enggak ada tema, hanya kampung green dengan infrastruktur tertata, dengan septic tank komunal, dengan drainase ideal. Kira-kira itu. Ini bukan di bantaran, ini cuma penataan, kira-kira upgrading slum area," tandasnya.
Sebagaimana diketahui, selain Tanah Tinggi, Pemprov DKI telah menetapkan 38 titik kawasan kumuh Ibu Kota yang akan dibangun menjadi kampung deret.


Sumber :
jakarta.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar