Selasa, 23 Desember 2014

Sudah Dua Kali Presiden Jokowi Gelar Rapat Bahas Pelemahan Rupiah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kedua kalinya menggelar rapat kabinet terbatas khusus untuk membahas pelemahan rupiah di Istana Merdeka, Selasa (23/12/2014). Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan juga dilibatkan dalam rapat kali ini.
"Dengan gubernur BI, ini adalah koordinasi formal pertama antara presiden dengan gubernur BI yang antara lain akan dibahas tentang situasi nilai rupiah dan sinkronisasi antara kebijakan moneter dan fiskal kepada pemerintah dan Otoritas Jasa keuangan," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di istana kepresidenan, Selasa (23/12/2014).

Andi belum mau mengungkapkan opsi apa yang disiapkan pemerintah untuk mengangkat kembali rupiah. Solusi yang akan diambil pemerintah, sebut Andi, akan disampaikan usai rapat.
Hadir dalam rapat kali ini adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan perwakilan Otoritas Jasa Keuangan.
Sebelum rapat ini dilakukan, Jokowi juga sudah pernah menggelar rapat serupa pada 17 Desember lalu. Hasil rapat itu tak mengambil kebijakan strategis apa pun.
Wakil Presiden Jusuf Kalla usai rapat hanya mengklarifikasi penyebutan pelemahan rupiah. Menurut JK, nilai rupiah masih jauh lebih baik dibandingkan mata uang lainnya seperti Won Korea, Dollar Australia, Yen Jepang, dan Rubel Rusia.
Dia pun menuturkan bahwa nilai mata uang rupiah yang sempat menyentuh Rp 12.900 per dollar itu dikarenakan penguatan ekonomi Amerika Serikat. Dengan kondisi itu, JK mendorong ekspor yang bisa mengambil keuntungan dari naiknya nilai dollar.  [kompas]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar