Kamis, 06 November 2014

Ruhut Minta PDIP Jangan Ganggu Jokowi

Politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, mengkritik sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang terkesan menolak Presiden Joko Widodo untuk menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi.
"PDI Perjuangan jangan ganggu Presiden Jokowi karena baru tiga pekan dilantik," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/11/2014).
Menurut Ruhut, politikus PDI Perjuangan yang menolak kenaikan harga BBM subsidi sedang melampiaskan kekecewaan. Ruhut menambahkan, terkait dengan susunan kabinet yang dipilih Presiden Jokowi.
"Tak perlu main sinetron. Justru saat ini mereka harus belajar rasanya menjadi partai penguasa."
Ihwal sikap Partai Demokrat yang menanggapi rencana kenaikan harga BBM subsidi, Ruhut mempunyai saran. Kata Ruhut, Presiden Jokowi perlu melihat sektor lain dalam tata kelola migas yang perlu dibenahi. Maka, pemerintah mempunyai pengawasan yang jelas pada sumber daya minyak dan gas bumi. "Misalnya, pembenahan atau pembubaran petral itu perlu dipikirkan sebelum menaikkan harga BBM subsidi."
Selain itu, Ruhut juga meminta Presiden untuk menganalisis faktor eksternal dan internal sebelum memutuskan kebijakan itu. Faktor eksternal kata dia ialah harga minyak dunia yang tergolong rendah sehingga kenaikan harga BBM tak mendesak.
Namun, Ruhut menambahkan, bila ditinjau dari faktor internal yakni dibutuhkannya ruang fisikal yang memadai untuk menjalankan program pemerintah, maka subsidi BBM harus dipangkas. "Kenaikan harga BBM sifatnya mendesak bila anggaran subsidi akan dipakai untuk program Presiden yang luar biasa itu."  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar