Rabu, 26 November 2014

Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah selesai menggelar blusukan kerja perdananya di Bengkulu. Setelah ini, dia akan terbang menuju Riau. Sebelum lepas landas, Jokowi menyempatkan diri mampir ke rumah pengasingan Bung Karno.
Rumah pengasingan itu terletak di Jl Soekarno-Hatta, Bengkulu. Jokowi berkeliling rumah selama sekitar 15 menit didampingi Mensesneg Pratikno dan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Rabu (26/11/2014).
Di dalam rumah, Jokowi sempat melihat ruang kerja Bung Karno, ruang tamu, perpustakaan, kamar tidur, foto dan lukisan. Sesekali Jokowi menanyakan tentang benda tersebut kepada yang mendampinginya.
Dari catatan sejarahnya, rumah tersebut awalnya milik seorang pedagang Tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng yang disewa oleh orang Belanda untuk menempatkan Soekarno selama diasingkan di Bengkulu. Soekarno menempati rumah itu pada 1938-1942.
Di rumah ini terdapat barang-barang peninggalan Soekarno. Ada ranjang besi yang pernah dipakai Soekarno dan keluarganya, koleksi buku yang mayoritas berbahasa Belanda serta seragam grup tonil Monte Carlo asuhan Soekarno semasa di Bengkulu. Ada juga foto-foto Soekarno dan keluarganya yang menghiasi hampir seluruh ruangan dan yang tidak kalah menarik adalah sepeda tua yang dipakai Soekarno selama di Bengkulu.
Setelah itu, Jokowi langsung meluncur ke bandara Fatmawati Bengkulu, untuk melanjutkan perjalanan tur Sumatera ke Riau menggunakan pesawat kepresidenan.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar