Jumat, 14 November 2014

Jokowi: Tol Laut Kunci Mengejar Pertumbuhan Kawasan

Program tol laut yang digagas pemerintahan saat ini sifatnya terintegrasi. Bukan hanya pembangunan pelabuhan, tapi mencakup hal yang amat luas, mulai dari membangun jaringan rel kereta, menyiapkan armada angkatan truk dan bus hingga percepatan wilayah yang bisa dijadikan industri. Jadi mulai dari titik pesisir sampai ke daratan.
Hal itu dipaparkan Presiden Joko Widodo lewat akun Facebook yang diunggah Jumat (14/11/2014) sekitar satu jam lalu.
Rencana menjadikan Indonesia sebagai poros maritim itu juga dipaparkan Jokowi di arena KTT APEC, dan KTT ASEAN. Hari ini Jokowi menghadiri pertemuan G-20 di Brisbane, Australia.
Selain tol laut, Jokowi juga membeberkan strategi pengembangan industri. Menurut Jokowi, industri juga harus bertanggungjawab terhadap lingkungan dan menghidupkan ekonomi secara organik di tengah masyarakat.
"Sehingga masyarakat bisa tumbuh dalam ekonomi yang sehat, mobilitas tinggi dan mampu mengembangkan kualitas hidupnya," tulis Jokowi.
Kepadatan penduduk di Jawa tidak menjadi masalah apabila wilayah-wilayah kantung ekonomi dibangun secara merata di luar Jawa, terutama wilayah Indonesia timur.
"Pusat-pusat dagang dibangun, pertanian diperluas diversifikasinya, perikanan ditingkatkan penghasilannya dan pelabuhan-pelabuhan ramai lalu lintas kontainer berisi barang-barang bisa disebar secara merata sehingga pasar-pasar hidup, ekonomi berputar cepat," tulis Jokowi.
Menurut Jokowi, percepatan ekonomi bangsa harus dialektis dan irama percepatan ekonomi internasional, baik di kawasan ASEAN atau lebih luas lagi, seperti Asia Pasifik dan Ekonomi Dunia. Untuk mencapai pertumbuhan itu, menurut Jokowi, agenda tol laut adalah jawaban pertama.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar