Jumat, 14 November 2014

Begitu Tiba di Tanah Air, Jokowi Segera Putuskan Kenaikan Harga BBM

Wakil Presiden Jusuf Kala (JK) mengungkapkan pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi segera dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Tanah Air. Sejak 8 November lalu, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Tiongkok, Myanmar, dan Australia.
"Iya memang perlu kita lebih cepat, dan insya Allah begitu Pak Jokowi tiba itu segera akan diumumkan seperti itu supaya menghilangkan keragu-raguan," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/11/2014).
JK menilai pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi tidak bisa ditunda lagi melihat harga-harga barang kebutuhan sudah merangkak naik.
Namun, pemerintah masih terus melakukan kalkulasi ulang dengan mempertimbangkan harga minyak dunia yang sedang turun, tetapi di sisi lain nilai tukar rupiah sedang terdepresiasi.
"Kita harus hitung ulang karena dengan harga minyak 80 USD (per barel) itu tentu hitungannya jadi lain lagi. Tetapi pada saat yang sama rupiah melemah, jadi yang diimpor itu juga naik harganya akibat rupiah, jadi kita hitung kombinasinya, berapa persen naik berapa persen katakanlah akibat rupiah berapa persen musti dipertahankan minyak mentah gitu kan," jelas JK.
Presiden Joko Widodo mulai melakukan lawatan ke luar negeri mulai tanggal 8 November dan baru kembali ke Tanah Air tanggal 16 November 2014.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar