Kamis, 02 Oktober 2014

Citra DPR Diyakini akan Kian Terpuruk

Citra Dewan Perwakilan Rakyat diyakini akan semakin terpuruk. Pasalnya, anggota DPR periode 2014-2019 dianggap tak akan mampu mengembalikan kepercayaan publik yang telanjur menyusut.
"Wajah parlemen sudah bopeng. Nah, wajah baru parlemen sekarang akan memperparah kebopengan itu," kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Arie Sudjito, saat dihubungi, Kamis (2/10/2014).
Arie menjelaskan, tantangan utama DPR periode 2014-2019 ini adalah bagaimana bekerja keras mengembalikan kepercayaan publik. Namun, semua itu dinodai oleh proses pemilihan pimpinan DPR yang ricuh dan kental dengan kepentingan kelompok tertentu.
Praktik transaksional yang dimaksud Arie adalah paket pimpinan DPR yang disikat habis oleh Koalisi Merah Putih (KMP). Dari lima kursi pimpinan, hanya satu kursi yang diduduki oleh politisi di luar KMP, yakni Agus Hermanto dari Fraksi Partai Demokrat.
Jajaran pimpinan DPR, yakni Ketua DPR Setya Novanto (F-Golkar), Wakil Ketua Fahri Hamzah (F-PKS), Taufik Kurniawan (F-PAN), Fadli Zon (F-Gerindra), dan Agus.
"Kalau awalnya sudah begitu, pemilihan pimpinan parlemen transaksional, publik pasti menilai wajah DPR tidak berubah," ujarnya.
Arie mengaku khawatir keputusan-keputusan yang diambil DPR periode ini akan dikeluarkan berdasarkan faktor untung dan rugi kelompok tertentu. Jika sudah begini, Arie memprediksi apatisme publik pada DPR akan semakin mengkristal.
"Terlalu naif kalau mereka mengatakan negarawan dan kepentingan bangsa, sementara kepentingan kelompoknya masih dominan dan mudah diketahui," pungkasnya.  [tribun]

1 komentar:

  1. BETUL---BETUL---BETUUULLL BANGET. DISINI HANYA KEPENTINGAN KELOMPOKLAH YANG SANGAN TAMPAK. SEHINGGA KELIHATANNYA SUDAH TIDAK MENGEDEPANKAN ETIKA DI DALAM BERSIDANG. ETIKA SIDANG KALAH DENGAN KEPENTINGAN KELOMPOK.

    BalasHapus