Sabtu, 20 September 2014

Jokowi: Bangsa Ini Tidak Bisa Dibangun Hanya Empat Partai

Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi terus membuka peluang bagi partai lain untuk bergabung mendukung pemerintahan mendatang. Itu dilakukan setelah petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Semarang, Jawa Tengah.
Menurut Jokowi, kehadiran mereka adalah pertanda bahwa dukungan kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan bertambah di Parlemen. Sebab, kini partai yang mendukung hanya empat, yakni PDIP, Partai Nasdem, PKB dan Partai Hanura.
"Sejak awal sudah disampaikan, kita terbuka, karena ini masalahnya membangun negara. Bangsa besar seperti ini tidak bisa dibangun oleh empat partai saja," kata Jokowi di Jakarta, Sabtu (20/9/2014).
Meski sebelumnya PPP dan PAN berada Koalisi Merah Putih yang diklaim sebagai koalisi permanen, Jokowi mengaku tidak khawatir. Sebab, dalam politik tidak ada koalisi permanen. "Koalisi permanen itu tidak ada dalam politik. Kita itu harus ngomong realitas politik.”
Diberitakan sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP, Emron Pangkapi, hadir dalam Rakernas IV PDIP di Semarang, Jumat, 19 September 2014. Emron hadir bersama Wakil Sekretaris Jenderal Ihsa Muchsin, sesaat setelah rombongan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, serta Joko Widodo dan Jusuf Kalla.
Kehadiran Emron bersama kader PPP menegaskan bahwa Rakernas partai pemenang Pemilu 2014 itu juga dihadiri partai nonkoalisi di Pemilu Presiden 2014 alias partai di koalisi Merah Putih.
Sejumlah kader PAN juga turut hadir, antara lain, Sekretaris Jenderal Taufik Kurniawan, Wakil Ketua Umum Drajad Wibowo dan Ketua Bidang Kebijakan Publik Tjatur Sapto Edi.
Kedatangan mereka mendapatkan perhatian kader PDIP. Bahkan, sambutan tepuk tangan riuh dai ribuan kader saat langkah kaki petinggi PPP dan PAN tersebut memasuki ruang Rakernas.    [vivanews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar