Kamis, 11 September 2014

JK Yakin Peta Koalisi Pasti Berubah

Koalisi Merah Putih menunjukkan kekompakannya di DPR dalam pembahasan RUU Pilkada. Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) tidak khawatir dengan manuver-manuver itu karena yakin, dalam waktu 3-4 bulan lagi peta koalisi akan berubah.
"Dalam politik tidak ada kawan dan lawan abadi, ini semua bisa berubah. Dalam waktu 3-4 bulan karena hampir semua partai akan mengadakan munas, muktamar yang mungkin saja akan mengubah struktur partai," kata JK saat ditemui Kapanlagi Network di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Kamis (11/9/2014).
JK mengakui pihaknya melakukan lobi-lobi dan pendekatan dengan partai di luar pendukung Jokowi.
"Pendekatannya ada, banyak. Tapi ada terkendala seperti tadi itu. Keputusan organisasi kan tidak bisa diubah cepat, koalisi itu karena sudah disetujui bersama hanya bisa diubah oleh instansi yang lebih di atas. Karena diputuskan oleh rakernas, ya hanya rakernas itu yang bisa mengubah," ujarnya.
Selama ini, lanjut JK, pendekatan dilakukan dengan sangat tertutup. Namun jika upaya pendekatan tidak berhasil, dia tidak khawatir pemerintahan Jokowi akan diganggu.
"Bagi saya tidak ada masalah karena ini pemerintahan presidensial, DPR tidak bisa menjatuhkan presiden, presiden tidak bisa membubarkan DPR. Sedangkan tugas DPR cuma 3 legislasi, budgeting, pengawasan."  [kapanlagi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar