Selasa, 23 September 2014

Bangun Maritim, Jokowi Anggarkan Rp 60 Triliun

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bakal memperbaiki semua infrastruktur laut di seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan program tersebut, ia siap menganggarkan Rp 60 triliun yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.
Dana tersebut, kata dia, tidak hanya untuk rencana pembangunan tol laut, tapi juga untuk pembangunan dan perbaikan pelabuhan di seluruh Indonesia.
"Semua. Untuk tol lautnya, untuk pelabuhannya juga. Pelabuhannya diperbaiki, diperluas, ada yang diperdalam. Ada juga yang dibuat baru," kata Jokowi di kantor Pelindo II, Jakarta, Selasa (23/9/2014).
Ia juga menargetkan semua perbaikan pelabuhan selesai begitu pemerintahannya bakal selesai. "Sudah ada semuanya. Tadi saya konfirmasi, saya kira rampung dalam 4-5 tahun," ucapnya. Termasuk pembangunan "tol laut". "Yang namanya tol laut akan kita kejar."
Ia mengaku sudah sangat paham dan mengerti problema serta tantangan dalam membangun infastruktur laut. Salah satu tantangannya menurut dia, soal anggaran. "Tantangannya duit. Uang. Anggaran".
Namun, Jokowi tak menyebutkan secara rinci persoalan anggaran tersebut. Ia optimistis problem yang ada bisa ditanggulangi. "Optimistis apa yang kita kerjakan itu bisa berjalan," ucapnya.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar