Selasa, 23 September 2014

Saat Jokowi Borong Tas di Lokasi Binaan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi pasar Lokbin Koja, Jakarta Utara, Selasa (23/9/2014). Kunjungan ini merupakan blusukan pertamanya setelah seminggu vakum dari aktivitas khasnya tersebut.
Jokowi mengenakan kemeja putih dan sepatu baru asal Cibaduyut pada hari ini. Pria kelahiran Solo itu tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Dia menandatangani prasasti Lokbin 103, Blok B Permai, Koja didampingi Wali Kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartanto.
Menurut dia, pasar yang buka pukul 15.00 WIB itu akan rampung bulan depan. Meski masih ada beberapa pembebasan lahan, Jokowi tetap akan membangun blok C tahun depan.
"Bulan depan (Blok B) rampung. Kalau Blok C dibangun dengan konsep sama dan tetap dilakukan pembebasan lahan," ucap Jokowi seraya menyeka keringatnya.
Pada kunjungan kali ini Jokowi menyempatkan memborong 10 buah tas punggung. Usai belanja, Jokowi meminta para Pasukan Penjaga Presiden (Paspampres) membawakan hasil belanjaannya itu.
Menurut pantauan, usai menandatangani batu peresmian di tengah Lokbin, Jokowi berkeliling.
Toko yang pertama dia kunjungi yakni toko tas sekolah milik seorang wanita bernama Nur Arafah.
"Ini tas buatan mana, Bu?" tanya Jokowi kepada Nur.
"Buatan Bandung, Pak. Bagus ini," jawab Nur.
"Ya sudah, saya beli yang kayak gini sepuluh," timpal Jokowi sambil menunjukan sebuah tas punggung berwarna abu-abu.
Nur mengatakan, satu tas dihargai Rp 30.000. Jokowi pun membayar tas-tas tersebut dengan harga pas, yakni Rp 300.000.
Nur mengucap terima kasih kepada Jokowi. Tas-tas tersebut lalu dipegang oleh Petugas Pengamanan Presiden (Paspampres) dan dibawa ke mobil dinas Jokowi.
Lokbin Permai itu merupakan tempat relokasi pedagang yang sebelumnya memakan badan jalan. Jumlah pedagang yang direlokasi Juli 2014 lalu tersebut ke dalam Lokbin, yakni sebanyak 150 pedagang.
Meski sudah dua bulan beroperasi, Lokbin itu baru sempat diresmikan Jokowi, hari ini. Di sana, Jokowi tak mengadakan acara peresmian. Jokowi hanya datang ke tempat itu, menandatangani batu peresmian, kemudian blusukan.
Suasana blusukan Jokowi di Lokbin sangat meriah. Seratus lebih pedagang dan warga memadati area Lokbin. Mereka berebut untuk berfoto dan bersalaman dengan Jokowi.  [kompas]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar