Jumat, 14 Februari 2014

Jokowi: Moga-moga Abu Kelud Nggak Sampai Jakarta

Abu yang keluar akibat letusan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, menyebar ke beberapa wilayah di Pulau Jawa. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berharap abu vulkanik tersebut tidak sampai melanda Jakarta.
"Moga-moga nggak sampai," kata Jokowi di Gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2014).
Jokowi menceritakan abu tersebut sudah tiba di Kota Solo, Jawa Tengah. Rumahnya di Solo juga kena.
"Tadi pagi saya sudah telepon ke anak saya, ya kena debu, tapi nggak apa-apa, nggak parah," katanya.
Hujan abu yang melanda kawasan Solo mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Pohon-pohon tersebut tak kuat menahan beban abu vulkanik yang menghujani kawasan itu sejak tadi malam.
"Ada beberapa tumbang. Mungkin ada lima pohon yang tumbang di Taman Sari, sebelah selatan Sukoharjo," ujar pembaca detikcom Ali Muqosid saat dihubungi, Jumat (14/2/2014).
Ali tak mengetahui apakah ada korban atau tidak dari tumbangnya pohon-pohon tersebut. Dia mengatakan abu yang menyelimuti permukaan jalan juga mengakibatkan jalanan di kawasan Solo menjadi licin dan becek.
Kondisi ini membuat suasana jalan menjadi lengang. Hampir semua pertokoan memilih tutup seperti di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan Jalan Slamet Riyadi.
"Pusat perdagangan batik di Pusat Grosir Solo, juga tutup total," imbuhnya.
Seperti diketahui, Gunung Kelud meletus Kamis (13/2/2014) malam. Dampak letusan Gunung Kelud berupa abu vulkanik menyebar ke arah barat. Sejumlah kota terkena dampaknya, yakni Magelang, Yogyakarta, Solo, Kebumen, Purwokerto hingga Bandung.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar