Jumat, 14 Februari 2014

Cek Tanggul Longsor Petamburan, Jokowi Heran Ada Rumah dalam Sungai

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah melakukan pengecekan tanggul Kanal Banjir Barat (KBB) yang longsor di Petamburan, Jakarta Pusat. Jokowi langsung meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera memperbaiki tanggul tersebut.
"Ngecek yang kemarin longsor, sudah selesai dikerjakan tanggulnya," ujar Jokowi di Balai Kota, Jumat (14/2/2014).
Namun, Jokowi heran melihat banyaknya rumah warga yang berada di dalam sungai tersebut. Rumah-rumah warga berada di dalam sungai yang dibatasi dengan tanggul KBB.
"Terus melihat juga rumah warga yang di dalam sungai, rumah-rumahnya banyak sekali, tidak di bantaran loh. Di dalam sungainya. Ini tanggul, dia di sini. Itu kan bahaya sekali," kata Jokowi.
Untuk itu, Jokowi berencana melakukan relokasi warga-warga yang berada di dalam sungai tersebut. Mantan Wali Kota Solo ini menargetkan pada Mei mendatang warga-warga tersebut harus sudah direlokasi.
"Secepatnya kalau rusunnya jadi. Mungkin April atau Mei ada 1 atau 2 rusun yang sudah selesai," pungkas dia.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan, mengatakan kejadian longsornya tanggul Kanal Banjir Barat (KBB) di Petamburan, Jakarta Pusat lantaran tergerus aliran air yang deras serta hujan yang lebat.
"Kebetulan di pinggir turap ada material yang sedang dilaksanakan pekerjaan untuk perbaikan pekerjaan di dalam, sehingga membuat beban jadi longsor," ujar Manggas.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar