Kamis, 09 Januari 2014

Tinjau Hutan Kota di Semper, Jokowi Janji Buatkan Jalan yang Mulus

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), kembali blusukan ke Cilincing. Kamis (9/1/2014) Kali ini sasarannya hutan taman kota yang terletak di Rawa Malang, tepatnya di Jalan TPU Budi Dharma RT 05/10, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara. Kedatangan orang nomor 1 di DKI Jakarta itupun tak luput dari serbuan warga yang ingin berlomba-lomba bersalaman atau sekedar foto bersama.
Kepada Jokowi warga minta agar jalan menuju ke hutan taman kota diperbaiki.
Pasalnya sejak dibangun tahun 2011 hingga saat ini belum pernah diperbaiki sehingga kondisinya rusak parah, terutama saat musim hujan jalanan seperti kayak gubangan kerbau.
“Pak Jokowi, kami warga di sini minta tolong agar jalan yang ada kampung kami ini diperbaiki dong, karena kondisinya rusak parah kalau musim hujan jadi seperti empang,” keluh Neneng, 38, warga RT 05/10, Kelurahan Semper Timur, Cilincing kepada Jokowi, Kamis (9/1/2014).
Mendengar keluhan warga, Jokowi langsung menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudy Siahaan dan meminta agar secepatnya jalan tersebut diperbaiki. Warga yang berkerumun dan mendengar pembicaraan Gubernur, spontan bersorak, sambil tepuk tangan.
Mendengar percakapan itu, warga bersorak kegirangan. "Horeee..... Alhamdulillah. Terima kasih, Pak. Horeee.." teriak warga berulang kali.

Jokowi juga mengungkapkan, memang kondisi jalan menuju lokasi taman kota sudah sangat rusak parah dan perlu ada perbaikian. Menurutnya, anggaran DKI cukup untuk melakukan perbaikan bila ada perencanaan yang detail menyentuh setiap pelosok.
“Memang faktanya bertahun-tahun seperti itu, yah kalau kita tidak pernah ke bawah tidak akan tahu kalau ada jalan di Jakarta seperti itu. Kita punya kemampuan anggaran yang cukup, namun harus pemetaannya yang detail, jangan sampai rakyat teriak-teriak dulu baru kita bergerak,” tegasnya.
Memang kata mantan walikota Solo, seharusnya ada pemetaan detail tentang jalan mana yang masuk kategori rusak berat, sedang dan ringan. Kemudian, dari pemetaan tersebut, dibuatlah sprioritas pengerjaan.
“Mudah-mudahan tahun ini Insya Allah akan rampung diperbaiki. Saya sudah minta langsung kepada PU (dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum-red), besok akan di cek dan langsung dikerjain,” paparnya.
Kedatangan Jokowi ke Hutan Kota ini hanya ingin mengecek 4000 bibit pohon yang baru ditanam di lahan seluas 5,7 ha tersebut. Bibit pohon yang ditanam antara lain seperti sengon, jabon, kemiri, mangga dan trembesi. Diharapkan dengan adanya pohon produktif itu bermanfaat untuk warga masyarakat.
“Total tanaman yang ditanam di lokasi ini ada 4000, ini sudah cukup kedepan kedepan akan menjadi hutan kota. Semuanya jenis pohon yang cepat tumbuh, ada sengon, jabon dan trembesi,” ujarnya. Di lokasi Jokowi juga menyempatkan diri untuk melakukan penanaman pohon.
Wilayah Hutan Kota Rawa Malang Semper merupakan daerah dataran rendah. Lokasi ini kerap tergenang banjir. Bahkan wilayah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Budi Dharma yang tak jauh dari hutan kota ini sebagian tergenang banjir, hanya terlihat batu nisannya saja.
"Daerah ini memang dataran rendah," kata Jokowi.

Sumber :
- Pos Kota
- detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar