Kamis, 09 Januari 2014

44,7 Persen Pemilih Demokrat Pilih Jokowi Sebagai Presiden

Cirus Surveyor Group melakukan simulasi terhadap elektabilitas 7 bakal capres, kemudian mengujinya di 4 partai besar. Hasilnya, pilihan pertama pemilih Demokrat justru memilih Jokowi sebagai presiden dengan angka 44,7 persen.
Keempat partai yang diuji adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Sementara capres yang diuji adalah Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, dan Mahfud MD.
"Uji statistik terhadap pilihan parpol dan bakal capres, kita temukan ternyata pemilih Demokrat bukan pemilih yang loyal. Demokrat presentase terbesarnya pilih Jokowi. Ada 44,7 persen pemilih Demokrat yang memilih Jokowi," kata Direktur Riset Cirus Surveyors Group, Kadek Dwita Apriani, dalam paparan survei di Restoran Pulau Dua, Jakpus, Kamis (9/1/2014).
Hal yang berbeda terjadi di 3 partai besar lainnya bahwa pemilih mereka loyal memilih tokoh yang ada di partainya. Di PDIP, pilihan pertama pemilih PDIP adalah Joko Widodo (64,5 persen) lalu Megawati (20,9 persen), dan Prabowo Subianto (4,5 persen).
"Pilihan pemilih Golkar pertama Aburizal Bakrie 39,7 persen, kedua Jokowi 21,7 persen, ketiga Jusuf Kalla 14,9 persen," ujarnya.
Pemilih yang loyal juga tampak di Partai Gerindra, sebanyak 67,9 persen memilih Prabowo Subianto sebagai capres, kedua 21,8 persen memilih Jokowi dan 3,0 persen memilih Megawati Soekarnoputri.
Survei dilakukan periode 20 November-30 Desember 2013 dengan metode tatap muka. Respoden berjumlah 2.200 orang, yaitu penduduk berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.
Sebaran reponden berada di 220 kelurahan/desa yang tersebar di 33 provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error sebesar 2,0 persen.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar