Kamis, 09 Januari 2014

Jokowi Akui Masih Banyak 'Sungai' yang Melanda Jakarta Usai Hujan Deras

Hujan yang mengguyur kota Jakarta pada Rabu (8/1) kemarin seketika menimbulkan banyaknya genangan di beberapa titik ibukota. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hal itu memang masih terjadi meski saat ini pihaknya tengah gencar melakukan normalisasi waduk dan penataan saluran air serta membuat sumur resapan.
Banyaknya genangan dan timbulnya banjir di Jakarta karena proses penataan sungai, waduk dan saluran air belum sepenuhnya optimal. Terlebih hal ini harus dikerjakan secara terintegrasi antara Jakarta, pemerintah pusat dan daerah hulu (Bogor).
"Ya masih (banjir) dong. Yang di atas kan juga belum dikerjain. Ini semua harus dikerjakan. Ini kerja terintegrasi, ada pemerintah pusat dan lainnya. Kalau masyarakat nggak ikut ya sama saja," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2013).
Sementara itu, terkait persiapan menghadapi musim penghujan, Pemprov DKI selama ini sudah melakukan upaya seperti pengerukan kali, waduk, penataan saluran air dan pembuatan 1.900 sumur resapan. Namun, semua itu masih tahap pengerjaan.
"Sudah dikeruk, tapi belum rampung semua. Tapi dilihat kemarin hujan yang sangat deras sekali, sungai-sungai sudah bisa nampung, waduk Pluit juga langsung pompa dan buang air ke laut. Tapi ini belum rampung semua," katanya.
"Sumur resapannya butuh dua juta, yang dikerjakan baru 1.900, jadi kurang berapa? Tapi yang sudah dikerjakan ini berpengaruh, bahwa sumur resapan kelihatan daya serapnya," tambahnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar