Minggu, 19 Januari 2014

Dini Hari, Jokowi Kembali Perintahkan Buka Pintu Air Manggarai Arah Istana

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada petugas jaga pintu air manggarai yang mengarah ke istana dibuka. Alhasil, debit air di pintu air itu pun berangsur-angsur turun.
"Tadi ada perintah dari pak Jokowi untuk mengurangi debit air yang ke Banjir Kanal Barat (BKB) dan dialirkan ke Ciliwung Kota," kata petugas jaga pintu air Manggarai Dian, saat dihubungi, Minggu (19/1/2014).
Perintah Jokowi itu diterima sekitar pukul 00.30 WIB. Saat itu ketinggian air di pintu air Manggarai sekitar 975 cm dan berstatus siaga I.
Pada pukul 04:00 ketinggian air 930 atau dalam tahap siaga II.
"Sekarang ketinggian air telah menurun dan di posisi 930 cm dengan status siaga II," ujar Dian.
Menurut Dian, perintah Jokowi tersebut membuat aliran air tak terpusat ke BKB. Selain ke sungai di sekitar istana, air akan mengalir ke Gunung Sahari, Jembatan Merah, Marina, Kwitang, dan Matraman.
"Saat ini debit air di pintu air Manggarai sekitar 48-50 m3/detik. Jika tidak ada hujan di Depok, Katulampa dan Jakarta dalam skala besar, bisa diperkirakan debit air di Manggarai akan terus turun," jelasnya.
Sementara itu ketinggian air di pintu air Depok dan Katulampa belum ada perubahan sejak pukul 00.00 WIB. Ketinggian air di Katulampa adalah 80 cm dengan status normal, dan pintu air Depok setinggi 210 cm dengan status siaga III.

Sumber :
- detik.com
- tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar