Minggu, 19 Januari 2014

Rekayasa Cuaca Tak Maksimal, Jokowi: APBD Kami Belum Disahkan DPRD

Pemprov DKI Jakarta bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah melakukan rekayasa cuaca untuk mengurangi curah hujan di daerah Jakarta. Namun, upaya ini dinilai kurang maksimal. Menganggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan,
"Yang mengerjakan kan dari BNPB, minta persuratannya lewat kita," kata Jokowi.
Hal ini disampaikan Jokowi saat blusukan melihat pompa air di depan Mall Ciputra, Grogol, Jakarta Barat, Minggu (19/1/2014). Ia mengakui saat ini anggaran 20M masih menggunakan dana dari BNPB. Dana untuk rekayasa cuaca ini sebenarnya juga dimiliki Pemprov DKI. Hanya saja, dana tersebut belum dapat digunakan karena APBD 2014 belum disahkan DPRD DKI.
"Biaya di kita ada, di pusat juga ada. Punya kita belum dipakai karena belum disahkan. Jadi harus menunggu. Kalau mau pakai, tunggu diketok DPRD padahal sudah diajukan dari Oktober," ujarnya dengan nada tinggi.
Rekayasa cuaca baru dilaksanakan 2 kali pada hari Minggu (14/1/2014) lalu dengan menggunakan pesawat Hercules. Pihak BPPT mengatakan rekayasa cuaca ini kurang maksimal karena harusnya menggunakan 3 pesawat sekaligus.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar