Minggu, 10 November 2013

Megawati Minta Jokowi Segera Menormalisasi 12 Sungai di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diminta segera menormalisasi keadaan sungai di ibu kota yang mengalami rusak parah.
Permintaan itu, diutarakan langsung oleh Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, saat menghadiri "Konvervasi Tumbuhan Lokal Bantaran Kali Ciliwung", di kawasan bantaran kali Ciliwung, Condet, Bale Kambang, Jakarta Timur,
Minggu (10/11/2013).
"Ketika Jokowi baru saja dilantik menjadi gubernur, saya katakan salah satu hal yang harus dikerjakan ialah kembalikan keadaan sungai-sungai di Jakarta," ujar Megawati.
Menurutnya, banyak pemerintah daerah sekitar ibu kota yang menilai normalisasi banyak sungai seperti Ciliwung merupakan tanggung jawab pemprov DKI. Padahal, kenyataannya tak demikian.
Megawati mencontohkan, mata air Sungai Ciliwung sebenarnya berada di luar ibu kota.
"Pas saya presiden, iseng-iseng kalau kata orang Betawi bilang, saya minta dicarikan sebenarnya mata air Ciliwung itu di mana. Itu kan pertanyaan mudah dan dibantu teknologi, satu jam saja bisa diketahui. Tapi sebulan saya tunggu, berita itu tidak masuk-masuk," ucap Megawati.
Karena tak kunjung dapat jawaban dari kalangan birokrat, Megawati kala itu meminta bantuan dari masyarakat biasa untuk melacak sumber mata air Sungai Ciliwung. "Sampai akhirnya diketahui, mata air Ciliwung berada di Mega Mendung, Jawa Barat," tukasnya.
"Karenanya, saya beraharap Pak Jokowi bisa berkoordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Jakarta, untuk bersama-sama melakukan normalisasi sungai. Misalnya Sungai Ciliwung atau Pesanggrahan,  dan 12 sungai lainnya," pintanya.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar