Minggu, 10 November 2013

Jokowi Akan Siapkan SK Pelestarian Ciliwung

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungan penuhnya atas upaya pelestarian kawasan Sungai Ciliwung sebagai cagar budaya.
"Bibit, tanaman, sampai Surat Keputusan (SK) akan saya berikan," kata Jokowi dalam acara penanaman pohon di wilayah percontohan di kawasan Konservasi Ciliwung, Condet, Jakarta Timur, Minggu (10/11/2013).
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menemui Komunitas Penggerak Kali Ciliwung dan Yayasan Kebun Raya Indonesia sebagai upaya membangun kesadaran warga untuk turut serta menjaga kebersihan Sungai Ciliwung.
Jokowi menyatakan keprihatinannya atas kondisi Sungai Ciliwung yang menurutnya lebih sering terlihat kotor. "Saat ini sedang bersih, tapi lebih sering tidak bersihnya," kata Jokowi.
Jokowi mengatakan, kendala normalisasi Sungai Ciliwung relatif sulit mengingat sampah tidak semata-mata dibuang oleh warga Condet. "Ada juga sampah bawaan dari kawasan hulu," kata Jokowi.
Kewenangan ihwal Sungai Ciliwung dipegang oleh Kementerian Pekerjaan Umum. "Yang bisa dipegang oleh pemerintah provinsi adalah untuk kawasan sekitar sungainya," kata Jokowi.
Jokowi menegaskan, apa pun yang diminta warga untuk pelestarian kawasan Sungai Ciliwung akan ia berikan. "Sampai bibit kalau perlu disediakan, kami berikan," kata Jokowi.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar