Rabu, 25 September 2013

Jokowi Tak Usah Bingung

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) khawatir program mobil murah akan membuat parah kemacetan lalu lintas di Jakarta. Tapi sebetulnya ada cara yang sebetulnya bisa Jokowi terapkan untuk membenahi masalah tersebut, yaitu menerapkan segera sistem Electronic Road Pricing.
"Jokowi enggak perlu bingung-bingung, terapkan ERP. Begitu masuk Jalan MH Thamrin, bayar Rp 100 ribu, nah kalau sudah kayak gitu kan orang juga mikir," kata Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/9/2013).
Dia mengatakan, pada tahun 1996, Singapura sudah membuat ERP (electronic road price) dan keadaan transportasi umumnya belum bagus. Tetapi pada tahun 1997, transportasi umum di Singapura menjadi bagus.
"Nah jadi hasil dari ERP tahun 96, dibelikan bus di tahun 97. Makanya kita bisa mengambil pelajaran dari sini," ucapnya.
Selain sistem ERP, DTKJ juga minta agar Pemprov DKI melakukan zonasisasi parkir. Zonasiasi akan memetakan dan membedakan harga parkir di Jakarta.
"Jadi yang semakin dekat dengan pusat kota, semakin mahal parkirnya," pungkasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar