Rabu, 28 Agustus 2013

Beda Jakarta dan Detroit Versi Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) mengingatkan agar program pembangunan Jakarta tidak salah agar tidak bangkrut seperti Kota Detroit, AS. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Jakarta berbeda dengan Detroit. Detroit bergantung pada industri mobil sedangkan Jakarta memiliki banyak industri lainnya.
"Saya kira Jakarta berbeda dengan Detroit," kata Jokowi di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2013).
Jokowi mengatakan, Detroit hanya bergantung pada satu jenis industri saja yaitu industri mobil. Sedangkan Jakarta lebih banyak industri lainnya. "Artinya kalau satu ini turun yang lain naik masih bisa tetap eksis. Kalau yang di Detroit kan satu macam produk saja mobil, di situ bedanya," katanya.
Jokowi mengatakan dia sudah biasa mengelola perusahaan sehingga dia benar-benar memperhitungkan kemampuan keuangan Jakarta. "Berapa yang digunakan buat aparatur, berapa yang buat pembangunan yang lainnya yang sudah kita kalkulasikan dan dihitung secara detail," kata pria yang sebelumnya pengusaha eksportir mebel ini.
Jokowi terus memikirkan cara untuk menambah income daerah. Sektor pajak juga terus diperbaiki dengan sistem online sehingga lebih baik. "Kita garap dan misalnya pajak juga sudah online dari hotel, restoran dan tempat parkir hiburan," kata Jokowi.
Saat ditanya apakah APBD Jakarta tidak mengalami 'pendarahan', Jokowi mengatakan justru tahun ini dapat tambahan Rp 20 triliun. " Bleeding gimana, ini tahun ini tambah Rp 20 trilliun. Ini malah tambah," katanya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar