Jumat, 19 Juli 2013

"Jokowi, Jangan Perkosa Monas"

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tidak harus selalu menggelar acara di kawasan Monumen Nasional. Sebaiknya, gubernur menyebar acara itu ke wilayah kota.
"Jangan perkosa Monas, harus diatur, misalnya acara yang besar-besar saja di Monas. Tapi yang kecil-kecil misalnya di tempat lain," ujar Agus saat dihubungi, Jumat (19/7/2013).
Agus mengatakan, kawasan Monas memiliki kapasitas yang terbatas dalam menyelenggarakan suatu acara. Ia khawatir, jika Monas terlalu diforsir untuk tempat acara, malah bisa merusak fasilitas di sana Jika demikian, tentu merugikan Pemprov karena harus mengeluarkan dana lagi untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut.
"Kalau digunakan bisa rusak, tamannya, padahal sebagai ruang terbuka hijau di pusat kota kan penting," ujarnya.
Pemkot Harus Siap Agus mengakui, Monas memang merupakan lokasi yang sangat strategis dalam menggelar suatu acara. Selain memiliki ruang terbuka yang luas, letak Monas pun berada di pusat kota sekaligus memiliki akses yang mudah dari penjuru Jakarta. Sementara di kota lain, kata Agus, tak ada lokasi yang memiliki kondisi sama seperti di area Monas.
"Coba mana, Setu Babakan? Akses ke sananya gimana? Museum Fatahillah? Kalau Sabtu atau Minggu sih, oke, tapi hari kerja? Mana lagi, Kanal Banjir Timur? Dekat perumahan, susah," ujarnya.
Oleh sebab itu, jika acara disebar ke kota lain di DKI, tinggal bagaimana setiap Pemerintah Kota mampu mnyediakan ruang serta unsur-unsurnya dengan baik, sebaik penyelenggaraan di Monas. "Pemkot harus siap akan hal-hal itu. Banyak lah pertimbangannya. Misalnya bukan di daerah perumahan, keamanannya, panitianya," tutur Agus.
Saat dikonfirmasi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membenarkan hal tersebut. Tapi menurutnya, acara-acara yang selama ini diselenggarakan di Monas hanyalah percontohan saja. Acara di kota lainnya pun, kata Jokowi, sudah dipikirkan.


Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar