Rabu, 12 Juni 2013

Jokowi akan Sediakan Lahan untuk Workshop dan Galeri Batik Betawi

Jakarta memiliki motif batik tersendiri yang mencerminkan budaya betawi. Untuk mendukung batik betawi agar semakin berkembang, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), berjanji akan menyediakan lahan workshop dan galeri bagi para perajin batik.
"Kita saat ini membutuhkan workshop dan galeri. Tanggapannya positif, Pak Jokowi tadi bilang akan sediakan lahan untuk workshop," ujar pengurus Keluarga Batik Betawi, Sandha usai menemui Jokowi di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2013).
Sandha mengatakan bahwa saat ini sudah ada 10 perajin batik betawi di Jakarta. Antara lain berada di Marunda, Rawamangu, Gandaria, dan Kemayoran.
"Kalau baiknya, workhsop didirikan di Jakarta Utara karena air asin bagus untuk batik," jelasnya.
Menurutnya, saat ini batik Betawi sudah dipasarkan hingga ke luar negeri. Motif batik Betawi di antaranya berupa Monas, Ondel-ondel, Tanjidor dan Pitung dengan warna cerah.
"Kalau pembuatannya sama seperti batik pada umumnya. Ada yang tulis dan cap," kata Sandha.
Sandha berharap batik Betawi ini nantinya tak kalah pamor dengan batik Pekalongan. "Kendalanya, saat ini belum punya koperasi. Jadi pengrajin masih dapat dari pemasok yang harganya mahal. Jangan sampai kalah dong sama batik Pekalongan," tuturnya.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar