Jumat, 10 Mei 2013

Marie Elka dan Jokowi akan bikin pesta rakyat di Kota Tua

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu pagi ini menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Beberapa hal dibahas dan dibicarakan saat pertemuan keduanya. Marie Elka sendiri datang di Balai Kota pada pukul 09.30 WIB dan langsung menuju ruang tamu.
Adapun salah satu hal yang dibahas adalah terkait rencana upaya meramaikan Kota Tua dan ruang-ruang publik lainnya. "Temen-temen mungkin sudah tahu beberapa waktu yang lalu saya dan Pak Jokowi membahas mengembangkan beberapa ruang publik kreatif antara lain Kota Tua dan juga di sekitaran Bundaran HI," ujar Marie Elka usai bertemu Jokowi di Balai Kota, Jumat (10/5).
Menurut Elka, kedatangannya untuk memantabkan dan menindaklanjuti agar rencana awal bersama Jokowi untuk meramaikan Kota Tua dapat segera terealisasi. "Kami sepakat akan membuat acara di Museum Fatahillah di bulan Agustus-September. Namanya Kota Tua creative festival," jelas Elka.
Elka menegaskan, yang terpenting bukan membuat festival dengan nama tersebut, melainkan bagaimana berupaya dan menarik kembali pengunjung untuk ke Kota Tua dan Taman Fatahillah. Sehingga dalam jangka menengah, Kota Tua dapat terkonsep sebagai pusat kreativitas di kemudian hari.
"Tapi itu perlu rencana, kerja sama dan dukungan dari Pemprov DKI untuk revitalisasi Kota Tua," terangnya.
Terkait konsep acara festival nantinya, Marie Elka sendiri enggan membeberkan lebih jauh lagi. Yang jelas, pihaknya bakal membuat pesta rakyat dengan segala macam pameran.
"Harus tunggu ya, itu kejutan. Tapi intinya, selama 3 Minggu kita akan bikin acara pesta rakyat untuk merayakan kreativitas. Ada kuliner, rata-rata kreativitas yang berbasis seni dan budaya lah yang akan kita pamerkan di situ. Seni pertunjukan seni, musik, dan juga kerajinan. Dan ini akan selama 3 Minggu," jelas Elka.
Dengan sejumlah kegiatan yang bakal digelar, Elka mengaku sangat optimis langkah ini bakal menyedot publik untuk berkunjung ke Kota Tua dan ruang publik lainnya. Sehingga, wilayah ini dapat dijadikan sebagai pusat sejarah yang dipertahankan dan Kota Tua sebagai wisata Jakarta yang baik
"Museum-museum di sekitar situ juga akan bikin acara khusus. Dan bisa kita buka sampai malam. Kan sekarang jam 3 sudah tutup. Minimal Sabtu Minggu bisa buka sampai malam," tandasnya.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar