Kamis, 25 April 2013

Jokowi: Banyak Anak Anak Gak Ngerti Ondel Ondel dan Tanjidor

Budaya Betawi seringkali didengungkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam setiap moment. Termasuk saat Jokowi memberikan pengarahan kepada para siswa SMPN 108 Cengkareng, Jakarta Barat.
Menurut Jokowi, budaya Betawi amat penting dilestarikan karena merupakan ciri khas dan karakter sebuah masyarakat. Oleh karenanya, dirinya terus menerus berpesan kepada Dinas Pendidikan dan guru-guru untuk mengajarkan budaya Betawi kepada anak didiknya.
"Dalam hal kebudayaan itu kan harus jadi kepribadian kita. Karena globalisasi, karena arus dari barat, anak-anak kita ilang semuanya. Nanti gak ngerti, tanjidor gak ngerti, ondel-ondel gak ngerti, gambang kromong gak ngerti, itu bahaya," ujar Jokowi usai memberikan pengarahan di SMPN 108 Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (25/4).
Diakui Jokowi, ketika dirinya menanyakan kepada anak-anak tentang budaya Betawi, banyak yang tidak tahu dan tidak mengenal budayanya sendiri. Menurutnya, guru-guru di sekolah selalu menekankan pelajaran umum seperti matematika, fisika, biologi dan tidak pernah disinggung budaya lokal.
Oleh karenanya, Jokowi menegaskan, amat penting guru-guru di sekolah juga mengajarkan budaya-budaya lokal yang dimiliki dan seperti apa implementasinya.
"Nah ini yang harus diangkat, kita harus dikenalkan ke anak-anak kita seperti tari, musik etnik ke anak-anak kita. Kalau gak aduuhh..," keluh Jokowi.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar