Kamis, 21 Maret 2013

Masalah Listrik Sering Sebabkan Kebakaran, Jokowi Minta PLN Audit Kabel

Masalah instalasi listrik sering menjadi penyebab kebakaran di wilayah Jakarta. Termasuk kebakaran yang melanda gedung Setneg tadi sore, diduga karena korsleting listrik.

Agar tingkat kasus kebakaran dapat ditekan, Gubernur DKI Joko Widodo meminta PLN untuk mengaudit jaringan listrik di Jakarta.

"Memang dari PLN harus ada audit kabel dan bangunan yang bersifat kelistrikan," ujar Jokowi saat meninjau langsung gedung Setneg di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).

Jokowi mengaku Pemprov DKI sudah mengirimkan surat ke PLN terkait masalah tersebut, khususnya untuk kawasan perkantoran dan perumahan padat yang rawan kebakaran.

"Iya nanti akan ada audit. Sudah saya sampaikan nanti akan ada audit bangunan. Yang ini sudah berjalan juga untuk masalah banjir dan kebakaran," tuturnya.

Dalam penanganan kebakaran yang terjadi di Jakarta, menurut Jokowi, seringkali terkendala oleh situasi lalu lintas di Ibukota yang macet. Sementara untuk jumlah unit damkar di tiap wilayah di DKI sudah mencukupi.

"Iya kalau sebetulnya dari segi sarana dan prasarana kita ini ada dan komplit tapi tergantung banyak faktor, misalnya ke kawasan padat, nggak masuk. Problemnya di situ. Kemudian gedung-gedung yang besar memang harus ada sistemnya di gedung itu sendiri," ucapnya.

"Problemnya adalah menuju ke tempat kebakaran itu kan lewat jalan, di jalan itu yang sering terlambat sampai lokasi karena macet dan yang lainnya. Tapi tadi 5 menit sudah mulai masuk (ke lokasi kebakaran di Setneg)," ujar Jokowi.


Sumber :
news.detik.com

Berita Serupa :
- megapolitan.kompas.com : "Cegah Kebakaran, Jokowi Akan Audit Bangunan dan Kelistrikan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar