Sabtu, 25 Oktober 2014

Alasan Jokowi Belum Umumkan 1 Muharram Sebagai Hari Santri Nasional

Mantan Deputi Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla menjelaskan alasan mengapa Presiden RI Joko Widodo belum mengumumkan 1 Muharram sebagai Hari Santri Nasional.
"Hal itu belum dilakukan sekarang karena presiden tidak ingin hanya mengeluarkan selembar Keppres untuk menetapkan hari santri itu," ujar Andi Widjajanto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/10/2014).
Andi mengungkapkan, Presiden Jokowi menginginkan penerapan Hari Santri Nasional tidak hanya sekadar perayaan, namun ada perbuatan riil yang bisa bermanfaat bagi para santri.
"Beliau ingin melakukan aktivitas-aktivitas yang substansial yang berkaitan dengan pembangunan pesantren, berkaitan dengan interaksi para kyai, dengan memajukan level pendidikan untuk para santri dan ekonomi umat, oleh karena itu harus ada aktivitas-aktivitas yang sigfnifikan yang menandai mulainya tradisi tentang hari santri," kata Andi.
Mengenai penetapan Hari Santri Nasional, Andi mengungkapkan nantinya Presiden Jokowi akan menetapkan hari raya tersebut, dimulai dengan serangkaian kegiatan.
"Presiden belum menetapkan hari santri sekarang, tapi nanti akan dimulai rangkaian kegiatan yang puncaknya adalah penetapan hari santri itu," ujar Andi.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar