Jumat, 12 September 2014

Jokowi Bengong Saat Ditanya Koalisi dengan PAN dan Demokrat

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) pernah menyatakan Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) "akan" ikut bergabung di gerbongnya. Namun, jelang pelantikannya sebagai presiden, belum dicapai kesepakatan koalisi dengan dua partai itu. Ironis dengan slogan Jokowi "akan ... akan ... akan" yang biasanya dilontarkannya ketika melihat pemerintah pusat berjalan lamban.
Ditanya mengenai kelanjutan komunikasi politik dengan Demokrat dan PAN, Jokowi mengatakan belum ada titik temu. Pertemuan sudah kerap dilakukan, namun tak juga dicapai kesepakatan.
"Itu ketema ketemu hampir tiap hari, tapi belum bisa ketemu (sepakat)," kata Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Jumat (12/9/2014).
Pernyataan serupa sudah dilontarkan Jokowi sejak Agustus lalu. Belum ada perubahan hingga saat ini.
Apakah kesepakatan koalisi belum tercapai karena ada permintaan kursi menteri? Jokowi hanya diam dan tersenyum menjawab pertanyaan ini. Dia mengatakan alasan soal belum tercapainya kesepakatan tak etis disebutkan ke publik.
"Ada sebabnya tapi nggak bisa saya sampaikan. Yang lain tanpa syarat, jadi yang lain (partai yang akan merapat -red) pun juga sama." ujarnya.
Jokowi tidak memaksa seluruh partai untuk menyeberang ke kubunya. "Saya aja tenang-tenang aja. Sejak awal kita terbuka. Terbuka. Terbuka," pungkasnya.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar